Valuasi ekonomi objek wisata Pantai Watu Pecak di Kabupaten Lumajang dengan metode biaya perjalanan (travel cost)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusdianti, Erika Mauludia (2020) Valuasi ekonomi objek wisata Pantai Watu Pecak di Kabupaten Lumajang dengan metode biaya perjalanan (travel cost). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erika Mauludia Kusdianti_H04216007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pantai Watu Pecak terletak di Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Pantai Watu Pecak memiliki keindahan alam yang dapat digunakan sebagai daya tarik objek wisata bagi setiap pengunjung. Keindahan alam pada dasarnya tidak dapat dihitung atau tidak memiliki nilai pasar, sehingga pentingnya dilakukan valuasi ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sosial ekonomi dan persepsi pengunjung terhadap Pantai Watu Pecak, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan ke Pantai Watu Pecak serta menentukan nilai ekonomi dari Pantai Watu Pecak. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga Juni 2020. Metode valuasi ekonomi yang digunakan adalah metode biaya perjalanan dengan pendekatan individu (Individual Travel Cost Method), sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan ditentukan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik sosial ekonomi pengunjung wisata adalah pengunjung dengan usia antara 15-25 tahun, berasal dari wilayah Lumajang, berstatus belum menikah, penghasilan Rp.500.000,00 – Rp.1.000.000,00, mencapai lokasi menggunakan kendaraan pribadi, membawa rombongan 1-5 orang. Sedangkan persepsi pengunjung terhadap Pantai Watu Pecak yaitu wisata ini sebagai rekreasi alam yang dinyatakan aman, akses menuju lokasi mudah, kebersihan di lokasi wisata sedikit bermasalah dikarenakan sampah pengunjung sering tidak dibuang pada tempatnya. Sebagian besar pengunjung menganggap cukup tiket parkir dan mempunyai kesediaan membayar tiket sebesar Rp.5.000,00. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa jumlah kunjungan Pantai Watu Pecak dipengaruhi oleh umur pengunjung, jarak dan waktu tempuh, serta lama mengetahui lokasi. Nilai ekonomi Pantai Watu Pecak sebesar Rp. 30. 363.362.035,- / tahun dengan nilai surplus konsumen sebesar Rp. 677.104 / individu / kunjungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusdianti, Erika Mauludiaerikamauludia@gmail.comH04216007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah17@gmail.com201409003
Thesis advisorFajar, Setiawanfajarsetiawan832@gmail.com2006058402
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Pantai Watu Pecak; Travel Cost Method; Nilai Ekonomi Total; Surplus Konsumen
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Erika Mauludia
Date Deposited: 23 Aug 2020 12:36
Last Modified: 25 Aug 2020 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43129

Actions (login required)

View Item View Item