PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI SHOLAT FARDHU MELALUI STRATEGI MODELING THE WAY PADA SISWA KELAS II MI RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN TEGALREJO BABAT LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hulis, Siti Nafisa Huli (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI SHOLAT FARDHU MELALUI STRATEGI MODELING THE WAY PADA SISWA KELAS II MI RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN TEGALREJO BABAT LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas program pembelajaran di sekolah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan sekolah tersebut. Faktor yang diduga sebagai penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi sholat fardhu, yakni disebabkan oleh guru kurang bervariasi dalam menggunakan strategi pembelajaran. Guru hanya mengunakan strategi ceramah saja untuk menyampaikan materi mata pelajaran fiqih kepada siswa sehingga siswa bosan, tidak memperhatikan dan menganggap fiqih merupakan pelajaran yang sulit dan tidak menarik. Untuk meningkatkan hasil belajar, maka dicoba tindakan pembelajaran melalui strategi modeling the way.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan strategi modeling the way pada mata pelajaran fiqih materi sholat fardhu siswa kelas II MI Raudlatul Muta’allimin Tegalrejo Babat Lamongan ? (2) Apakah melalui strategi modelling the way dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi sholat fardhu pada siswa kelas II MI Raudlatul Muta’allimin Tegalrejo Babat Lamongan ? Tujuan dari penelitian sesuai dengan rumusan masalah yaitu (1) Untuk mengetahui penerapan strategi modelling the way dalam mata pelajaran fiqih materi sholat fardhu pada siswa kelas II MI Raudlatul Muta’allimin Tegalrejo Babat Lamongan Tahun Ajaran 2014/2015. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui strategi modelling the way pada mata pelajaran fiqih materi sholat fardhu kelas II MI Raudlatul Muta’allimin Tegalrejo Babat Lamongan Tahun Ajaran 2014/2015.
Model yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran fiqih dengan strategi modeling the way. Pada setiap siklus terdiri dari empat komponen, meliputi : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, Tes Praktek.
Hasil penelitian ini : (1) Penerapan strategi modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI raudlatul muta’allimin tegalrejo babat lamongan pada mata pelajaran fiqih materi sholat fardhu. Dengan prosentase ketuntasan, pada siklus I 37,5% dan rata-rata 70,93 (rendah) pada siklus II mencapai 100% (tinggi) dari rata-rata 78,62 (sedang). (2) Ya, dengan model pembelajaran strategi modeling the way dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas II MI raudlatul muta’allimin tegalrejo babat lamongan pada mata pelajaran fiqih materi sholat fardhu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hulis, Siti Nafisa HuliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Keywords: Hasil Belajar; Fiqih; Sholat Fardhu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:10
Last Modified: 01 Feb 2016 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4313

Actions (login required)

View Item View Item