Representasi birrul walidain dalam iklan Pertamina renovasi rumah edisi lebaran 2017 (semiotika Charles Sanders Peirce)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliya, Fahmi Nur (2020) Representasi birrul walidain dalam iklan Pertamina renovasi rumah edisi lebaran 2017 (semiotika Charles Sanders Peirce). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmi Nur Auliya_B91216057.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi birrul walidain dalam iklan Pertamina “Renovasi Rumah” edisi lebaran 2017. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam, peneliti menggunakan metode analisis teks media dengan pendekatan paradigma kritis semiotik model Charles Sanders Peirce berdasarkan triangle meaning semiotic (sign, object, dan interpretant). Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa representasi birrul walidain dalam iklan Pertamina “Renovasi Rumah” adalah berupa kewajiban-kewajiban yang harus ditunaikan anak kepada orang tuanya, diantaranya: menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua, selalu bertutur kata dengan sopan dan lemah lembut, taat dan patuh pada perintah dan nasihat kedua orang tua, bermusyawarah apabila mengendaki suatu keinginan, menjaga kehormatan dan nama baik keduanya, serta mengingatkan akan pentingnya ridho kedua orang tua. Berdasarkan hasil penelitian ini, rekomendasi yang dapat dijadikan pertimbangan bagi penelitian selanjutnya adalah melakukan kajian yang berfokus pada aspek-aspek komunikasi lainnya sepeti respon audiens, proses produksi, strategi iklan, dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliya, Fahmi Nurnurauliyafahmi@gmail.comB91216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdhitama, Tias Satriotiasadhi78@yahoo.com2009057801
Subjects: Iklan
Komunikasi Islam
Etika
Keywords: Birrul Walidain; Iklan Pertamina; Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fahmi Nur Auliya
Date Deposited: 25 Aug 2020 05:57
Last Modified: 25 Aug 2020 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43134

Actions (login required)

View Item View Item