Pertumbuhan propagul Mangrove dan pengaruh perbedaan genangan di persemaian Banyuurip Mangrove Center, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurlailli, Herina Kartini (2020) Pertumbuhan propagul Mangrove dan pengaruh perbedaan genangan di persemaian Banyuurip Mangrove Center, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Herina Kartini Nurlailli_H04216011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perbaikan kawasan mangrove dapat dilakukan dengan kegiatan penanaman mangrove secara alami ataupun buatan melalui kegiatan pembibitan. Kegiatan pembibitan dilakukan untuk membantu keberhasilan kegiatan rehabilitasi dengan menyediakan bibit dalam jumlah banyak dan siap tanam. Sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui teknik pembibitan, pertumbuhan propagul mangrove, dan pengaruh perbedaan genangan terhadap pertumbuhan tiga jenis mangrove yang ada di persemaian Banyuurip Mangrove Center. Pengamatan dan pengukuran dalam penelitian ini dilakukan selama 2 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik persemaian di Banyuurip Mangrove Center menggunakan teknik bedengan tanpa tingkat dan polybag. Hasil pertumbuhan tinggi bibit yang paling tinggi yaitu pada jenis Rhizophora mucronata dengan nilai 58,5 cm dan yang paling rendah Bruguiera gymnorrhiza dengan nilai 30,2 cm. Selain itu jumlah daun pada jenis Rhizophora mucronata, Rhizophora stylosa, Rhizophora apiculata, Bruguiera gymnorrhiza, Bruguiera cylindrica, dan Avicennia marina secara berturut-turut berjumlah 3,5; 2; 2; 2; 4; 7 helai . Laju pertumbuhan panjang yang memiliki nilai pertumbuhan paling baik yaitu Avicennia marina 2,88 cm/minggu. Hasil penelitian juga menunjukkan persentase hidup pada jenis Rhizophora mucronata, Rhizophora stylosa, Rhizophora apiculata, Bruguiera gymnorrhiza, Bruguiera cylindrica, dan Avicennia marina secara berturut-turut sebesar 100%; 100%; 100%; 75%; 50%; 100%. Selama penelitian berlangsung menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh perbedaan genangan alami dan genangan buatan terhadap pertumbuhan tinggi jenis mangrove Rhizophora mucronata, Rhizophora stylosa, Rhizophora apiculata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurlailli, Herina KartiniHerinakartini@gmail.comH04216011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, MauludiyahMauludiyah17@gmail.com201409003
Thesis advisorNoverma, NovermaNoverma@gmail.com2018118102
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Pertumbuhan propagul; perbedaan genangan air; pembibitan mangrove; Banyuurip Mangrove Center
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Herina Kartini Nurlailli
Date Deposited: 25 Aug 2020 13:20
Last Modified: 25 Aug 2020 13:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43153

Actions (login required)

View Item View Item