Penguataun kelembagaan Yayasan Saylapas (santunan anak yatim luar panti asuhan) sebagai fasilitator pendamping Anak Yatim / Yatim Piatu di Lahat Sumatera Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istighasah, Era (2020) Penguataun kelembagaan Yayasan Saylapas (santunan anak yatim luar panti asuhan) sebagai fasilitator pendamping Anak Yatim / Yatim Piatu di Lahat Sumatera Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Era Istighasah_B52216056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penguatan Kelembagaan Saylapas (Santunan Anak Yatim Luar Panti Asuhan) Sebagai Fasilitator Pendamping Anak Yatim/ Yatim Piatu di Lahat Sumatera Selatan. Yayasan Saylapas merupakan yayasan yang mengayomi anak yatim/ yatim piatu di luar panti asuhan. Yayasan ini memiliki aset sumber daya manusia yang mencukupi. Namun, aset tersebut masih belum bisa dimanfaatkan dengan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan penguatan kelembagaan pada yayasan Saylapas yang berperan sebagai fasilitator pendamping anak yatim/ yatim piatu. Penelitian ini berfokus pada pengurus dan relawan yayasan Saylapas. Lokasi penelitian ini di Kecamatan Lahat Sumatera Selatan. Data penelitian ini diperoleh dari forum diskusi dan wawancara.Metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan Aset Based Community Development (ABCD), pendekatan ABCD pada penelitian ini berfokus pada aset yang dimiliki oleh pengurus dan relawan. Penelitian ini dilaksanakan melalui langkah 5-D dalam Appreciative Inquiry yakni, menemukenali aset (discovery), membangun mimpi (dream), merancang strategi (design), melaksanakan aksi (define), monitoring dan evaluasi (destiny). Kegiatan yang terlaksana pada penelitian ini ialah penambahan anggota struktur kepengurusan dan peninjauan kembali visi, misi serta tujuan yayasan Saylapas berdasarkan hasil musyarawah pengurus dan relawan. Penguatan kepengurusan ini merupakan strategi yayasan Saylapas sebagai agent of change untuk memiliki ‘power’ atau kekuatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istighasah, Eraeraislah@gmail.comB52216056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Mohammadanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pengabdian Masyarakat
Sumber Daya Manusia
Keywords: Penguatan Kelembagaan; Fasilitator; Pendampingan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Era Istighasah
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:46
Last Modified: 26 Aug 2020 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43175

Actions (login required)

View Item View Item