Tren gugat cerai dini di Kecamatan Taman Sidoarjo: analisis teori konflik Ralf Dahrendorf

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pertiwi, Alifa (2020) Tren gugat cerai dini di Kecamatan Taman Sidoarjo: analisis teori konflik Ralf Dahrendorf. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifa Pertiwi_I73216035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa tren yang menyebabkan istri menggugat suaminya yang terjadi di Kecamatan Taman Sidoarjo. Penelitian dilakukan karena trdapat peningkatan jumlah perceraian di Kecamatan Taman yang didominasi dengan kasus gugat cerai. Dalam rumusan masalah terdapat satu kunci yaitu faktor yang menjadi penyebab istri melayangkan gugatan kepada suami. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dimana peneliti mendeskripsikan hasil penelitian lapangan dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena ini adalah konflik tinjauan Ralf Dahrendorf. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa faktor yang menyebabkan istri menggugat suami adalah faktor perselisihan, faktor ekonomi, faktor orang ketiga, dan faktor KDRT. Gugat cerai yang terjadi dikarenakan adanya penyalahgunaan otoritas dari seorang suami yang berbuat semena- mena sehingga istri melakukan perlawanan dengan menggugatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pertiwi, Alifaalifapertiwi100@gmail.comI73216035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abidabidabufida@gmail.com2023067704
Subjects: Cerai Gugat
Sosiologi
Keywords: Gugat Cerai; Konflik; Faktor Penyebab
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Alifa Pertiwi
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:36
Last Modified: 26 Aug 2020 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43181

Actions (login required)

View Item View Item