Laju dekomposisi dan kontribusi unsur hara dari Serasah Daun Mangrove Avicennia marina di Pesisir Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solecha, Mar'atus (2020) Laju dekomposisi dan kontribusi unsur hara dari Serasah Daun Mangrove Avicennia marina di Pesisir Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar'atus Solecha_H74216062.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana laju dekomposisi serasah daun mangrove jenis Avicennia marina di pesisir Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik?, 2. Bagaimana kontribusi unsur hara dari serasah daun mangrove jenis Avicennia marina yang terdekomposisi di pesisir Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik?. Metode yang digunakan adalah pertama untuk pengambilan serasah daun mangrove Avicennia marina dengan metode purposive sampling pada dua stasiun berdasarkan kondisi mangrove dan banyaknya guguran daun, kedua pengambilan sampel daun yang sudah gugur dilakukan dengan metode litter-bag dan yang ketiga analisis Karbon (C) menggunakan metode gravimetri; Nitrogen (N) dengan metode Volumetri; Fosfor (P) dihitung menggunakan alat Spektrometri UV VIS.Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1. nilai rata-rata laju dekomposisi serasah daun mangrove Avicennia marina di pesisir Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur berkisar antara 0,7-0,815 g/hari. . Laju dekomposisi pada pengamatan hari ke-30 lebih tinggi yaitu sebesar 0,88 g/hari dari pengamatan ke-60 yaitu sebesar 0,64 g/hari; 2.Nilai rata-rata kontribusi kandungan unsur hara Karbon (C) dari serasah daun mangrove Avicennia marina yang terdekomposisi di pesisir Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur berkisar antara 24,83-25,25%. Kandungan unsur hara Nitrogen (N) memiliki nilai rata-rata sebesar 0,12%. Kontribusi kandungan unsur hara Fosfor (P) memiliki nilai rata-rata berkisar antara 0,21-0,24%..

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solecha, Mar'atusmaratussolecha97@gmail.comH74216062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah17@gmail.com201409003
AuthorSetiawan, Fajarfajarsetiawan832@gmail.com2006058402
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Serasah; Avicennia marina; laju dekomposisi; unsur hara
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Mar'atus Solecha
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:56
Last Modified: 26 Aug 2020 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43190

Actions (login required)

View Item View Item