Implementasi metode CBR dan CF dalam menentukan ekstrakurikuler siswa MAN 1 Lamongan sesuai minat dan bakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Arjun Sirojul (2020) Implementasi metode CBR dan CF dalam menentukan ekstrakurikuler siswa MAN 1 Lamongan sesuai minat dan bakat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arjun Sirojul Anam_H06216004.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penentuan kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan (MAN 1 Lamongan) masih menggunakan sistem manual, siswa akan diberikan informasi kegiatan ekstrakurikuler dan jika tertarik bisa mendaftar sesuai dengan ketentuan. Tidak adanya sistem rekomendasi pemilihan membuat keputusan siswa tidak sepenuhnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, dampaknya adalah hilangnya minat anggota ekstrakurikuler seperti hasil wawancara yang sudah dilakukan. Oleh karena itu penelititan ini diharapkan mampu membantu MAN 1 Lamongan dalam memudahkan penentuan ekstrakurikuler sesuai minat dan bakat. Penenlitian ini dilakukan dengan membangun sebuah web dengan menerapkan algoritma Case Based Reasoning (CBR) sebagai kerangka sistem dan Certainty Factor (CF) sebagai algoritma penentuan nilai kepastian. Dengan data uji sebanyak 68 siswa, sistem mampu merekomendasikan ekstrakurikuler, berdasarkan pengujian Confusion Matrix dihasilkan tingkat precision sebesar 96,03% (tinggi), Recall sebesar 99,4% (tinggi), Acccuracy sebesar 95,76% (tinggi), sedangkan dalam pengujian fungsionalits menggunakan Black Box Testing mendapatkan nilai 100% sistem berjalan sesuai skenario. Hal ini menunjukkan bahwa dari Sistem yang dibangun layak untuk diimplementasikan di MAN 1 Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, Arjun SirojulArjunkazama@gmail.comH06216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, MujibMujibrw@uinsby.ac id2027048602
Thesis advisorAmin, Faris muslihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Subjects: Teknologi
Keywords: Case Base Reasoning; Certainty Factor; Extracurricular; Interest and Talents; Decission Support System.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Arjun Anam
Date Deposited: 26 Aug 2020 12:58
Last Modified: 26 Aug 2020 12:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43205

Actions (login required)

View Item View Item