Analisis tingkat pengetahuan masyarakat terhadap potensi bencana tsunami di desa pesisir kabupaten Lumajang Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Yogi Indra (2020) Analisis tingkat pengetahuan masyarakat terhadap potensi bencana tsunami di desa pesisir kabupaten Lumajang Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yogi Indra Kurniawan_H04216024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tsunami merupakan serangkaian gelombang laut yang terjadi secara tiba-tiba, disebabkan oleh pergerakan atau perpindahan air dalam jumlah sangat banyak akibat gempa bumi, longsoran, erupsi gunung berapi dan meteor yang terjadi di lautan. Kabupaten Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang berpotensi tinggi terhadap bencana tsunami dikarenakan Kabupaten Lumajang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan merupakan jalur pertemuan lempeng aktif Indo-Australia dengan lempeng Eurasia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tehadap potensi bencana tsunami Di Desa Pesisir Kabupaten Lumajang, mengetahui persebaran wilayah tingkat pengetahuan masyarakat terhadap potensi bencana tsunami Di Desa Pesisir Kabupaten Lumajang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu berupa wawancara dan kuesioner. Pengambilan sampel responden dilakukan menggunakan random sampling yaitu metode dengan pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sebagai alat ukur kevalidan dan reliabel dalam suatu instrumen penelitian. Penyusunan peta persebaran wilayah tingkat pengetahuan masyarakat Di Desa Pesisir Kabupaten Lumajang dilakukan dengan bantuan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat di wilayah pesisir Kabupaten Lumajang memiliki hasil persentase 71% yang artinya masyarakat desa pesisir Kabupaten Lumajang rata-rata memiliki pengetahuan yang sangat tinggi terhadap adanya potensi bencana tsunami. Hasil persebaran wilayah terkait potensi bencana tsunami tergolong dalam kelas “Sangat rendah” hingga “Sangat tinggi”. Terdapat 5 (Lima) desa dengan kategori tingkat pengetahuan “Sangat tinggi” yaitu terdapat pada Desa Bades, Bago, Selok Awar-awar, Pandanarum, dan Jatimulyo. Ada 2 (Dua) desa tergolong dalam kategori tingkat pengetahuan “Cukup tinggi” yaitu Desa Tegalrejo dan Desa Bulurejo. Sedangkan terdapat 3 (Tiga) desa dengan kategori tingkatan pengetahan “Sangat rendah” yaitu Desa Gondoruso, Pandanwangi dan Wotgalih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Yogi Indrayogiik1997@gmail.comH04216024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma@gmail.com2018118102
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajarsetiawan832@gmail.com2006058402
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Tsunami; Pengetahuan; SIG.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Yogi Indra Kurniawan
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:47
Last Modified: 27 Aug 2020 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43222

Actions (login required)

View Item View Item