Studi pelaksanaan SLTP Terbuka di Pondok Pesantren As Saidiyah Buduran Arosbaya Bangkalan Madura sebagai upaya penyuksesan program Wajib Belajar 9 Tahun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayati, Yoni Nur (1999) Studi pelaksanaan SLTP Terbuka di Pondok Pesantren As Saidiyah Buduran Arosbaya Bangkalan Madura sebagai upaya penyuksesan program Wajib Belajar 9 Tahun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (964kB) | Preview

Abstract

Dalam kaitannya dengan pemberian kesempatan untuk memperoleh pendidikan bagi seluruh warga Negara Indonesia. Pemerintah mengadakan perluasan wajib belajar sampai jenjang pendidikan sekolah lanjutan tingkat pertama yang selanjutnya dikenal dengan program wajib belajar 9 tahun, yaitu 6 tahun belajar di sekolah dasar, dan 3 tahun di SLTP atau sederajat. Untuk itu Pondok Pesantren As-Saidiyah berpartipasi menyediakan tempat belajar yang tidak hanya santri akan tetapi disediakan pula bagi siswa disekitarnya, dengan didirikannya SLTP Terbuka. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun di Indonesia, dan bagaimana penerapannya di SLTP Terbuka yang didirikan Pondok Pesantren As-Saidiyah Buduran Madura. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun di Indonesia, dan mengetahui bagaimana penerapannya di SLTP Terbuka yang didirikan Pondok Pesantren As-Saidiyah Buduran Madura.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, artinya dalam penelitian ini hanya melaporkan, memaparkan, menggambarkan dan menganalisa pelaksanaan SLTP terbuka di Pondok Pesantren As-Saidiyah. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama SLTP Terbuka sebagai sub sistem dari jalur pendidikan lanjutan yang sama seperti SLTP biasa dapat melaksanakan serta mensukseskan program wajib belajar 9 tahun, karena lantaran faktor ekonomi, geografis maupu kesempatan. Kedua, program wajib belajar 9 tahun sebagai salah satu dimensi pengembangan pendidikan nasional yang merupakan salah satu bidang yang sangat vital bagi keseluruhan pengembangan bangsa dan Negara Indonesia. Ketiga, Pondok Pesantren As-Saidiyah sebagai pesantren yang tumbuh dan berkembang memiliki tanggung jawab yang sama bersama pemerintah untuk mensukseskan program belajar 9 tahun dengan bentuk konkritnya dengan penyediaan gedung untuk sebagai pelaksanaan kegiatan program belajar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Husni M. Saleh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayati, Yoni Nur-D01393161
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Keywords: SLTP Terbuka; Program Wajib Belajar 9 Tahun; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Arsip Tarbiyah
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:33
Last Modified: 28 Sep 2021 13:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4324

Actions (login required)

View Item View Item