التحليل التقابلي بين اللغة العربية واللغة الإندونيسية على مستوى الفعل المعلوم والمجهول والاستفادة منه في تعليم اللغة العربية لدى طلاب الفصل الثاني عشر بمدرسة ابن حسين الثانوية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Nafidatul (2020) التحليل التقابلي بين اللغة العربية واللغة الإندونيسية على مستوى الفعل المعلوم والمجهول والاستفادة منه في تعليم اللغة العربية لدى طلاب الفصل الثاني عشر بمدرسة ابن حسين الثانوية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nafidatul Hasanah_D92216075.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Analisis Kontrastif antara Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia Segi Fi’il Ma’lum dan Fi’il Majhul dan Manfaatnya dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Islamiyah Ibnu Husain Surabaya”. Adapun rumusan masalah sebagaimana berikut : 1.Apa persamaan dalam bahasa arab dan bahasa indonesia terkait fi’il ma’lum dan majhul? 2. Apa perbedaan dalam bahasa arab dan bahasa indonesia terkait fi’il ma’lum dan majhul? 3.Bagaimana manfaat analisis kontrastif dalam pembelajaran bahasa arab antara bahasa arab dan bahasa indonesia segi fi’il ma’lum dam fi’il majhul pada siswa kelas XII Madrasah Aliyah Islamiyah Ibnu Husain Surabaya? Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Berikut hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Analisis kontrastif itu digunakan untuk membandingkan kedua bahasa dengan meneliti persamaan dan perbedaan di antara keduanya. Adapun perbedaan di antara keduanya yaitu, segi definisi, segi keterangan waktu, segi hubungan kata dalam suatu kalimat, segi mengubah kata, segi susunan kalimat, dan segi sintaksis. Untuk manfaat pengajaran pada materi fi’il ma’lum dn fi’il majhul dengan menggunakan metode analisis kontraktif ini yaitu membantu guru dalam mengajar bahasa Arab dengan pengantar dan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Dan untuk Mengetahui persamaan dan perbedaan antara bahasa pertama dan bahasa kedua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Nafidatulnafidatulhasanah5@gmail.comD92216075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, M. Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Analisis kontrastif; Fi’il ma’lum; Fi’il majhul; Pembelajaran; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nafidatul Hasanah
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:40
Last Modified: 27 Aug 2020 05:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43251

Actions (login required)

View Item View Item