Estimasi indeks kerentanan pendapatan nelayan Pantai Dampar dalam menghadapi variabilitas musim di Kabupaten Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Indah (2020) Estimasi indeks kerentanan pendapatan nelayan Pantai Dampar dalam menghadapi variabilitas musim di Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Fitriani_H74216060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perubahan musim mengakibatkan terjadinya pola pergeseran musim barat ataupun timur dan mengakibatkan kondisi perairan laut tidak dapat diprediksi. Hal ini menyebabkan jumlah hari melaut menjadi tidak menentu yang akhirnya mempengaruhi besaran pendapatan nelayan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besar pendapatan kelompok nelayan di Pantai Dampar saat musim timur dan barat, serta mengestimasi nilai kerentanan nelayan dalam menghadapi variabilitas musim di Pantai Dampar, Kabupaten Lumajang. Analisis pendapatan menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik menggunakan SPSS versi 25 dan perhitungan indeks kerentanan dengan menggunakan perhitungan Livelihood Vulnerability Index (LVI). Hasil analisis menunjukkan bahwa pendapatan musim timur lebih tinggi jika dibandingkan musim barat. Persentase perbandingan pendapatan nelayan pada musim timur dan barat masing-masing sebesar 67% dan 33% pada kelompok nelayan pancing, 57% dan 43% pada kelompok nelayan jaring, serta 58% dan 42% pada kelompok nelayan pancing dan jaring. Sedangkan hasil analisis LVI menunjukkan bahwa kelompok nelayan jaring (0,3151) paling rentan terhadap adanya variabilitas musim jika dibandingkan dengan kelompok nelayan pancing (0,2942), dan kelompok nelayan pancing dan jaring (0,2790).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Indahindahfitriani275@gmail.comH74216060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma@uinsaby.ac.id2018118102
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Livelihood Vulnerability Index; pendapatan nelayan; indeks kerentanan; variabilitas musim.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: INDAH FITRIANI
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:27
Last Modified: 27 Aug 2020 05:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43255

Actions (login required)

View Item View Item