Studi komparasi teori K.R Muhammad Wardan dan teori James Andrew dalam perhitungan arah kiblat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bakhroin, Alim (2020) Studi komparasi teori K.R Muhammad Wardan dan teori James Andrew dalam perhitungan arah kiblat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alim Bakhroin_C08215001.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana langkah-langkah perhitungan arah kiblat antara teori K.R. Muhammad Wardan dan teori James Andrew. Kemudian bagaimana perbandingan hasil dari perhitungan arah kiblat dari kedua teori perhitungan tersebut. Dalam penelitian ini, data yang dikumpulkan adalah data yang berkaitan dengan perhitungan arah kiblat yakni berupa buku Kitab Ilmu Falak dan Hisab sebagai bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian dalam skripsi ini menyimpulkan bahwa: pertama, langkah-langkah perhitungan arah kiblat K.R. Muhammad Wardan yaitu mencari perbedaan thul; menghitung budul qutur; menghitung ashal mutlaq; menghitung ashal muaddal; menghitung irtifa’ simit Mekkah; dan langkah terakhir menghitung derajat kiblat. Kesimpulan kedua langkah-langkah perhitungan arah kiblat haversine formula dari James Andrew yaitu mencari perbedaan bujur, kemudian menghitung sisi c yaitu garis yang menghubungkan titik A dan titik B, kemudian menghitung keliling segitiga bola (S), kemudian menghitung rumus haversine; langkah terahkir menghitung arah kiblat atau sudut β menggunakan Cos β = 1 – 2Hav. Kesimpulan ketiga, Perhitungan arah kiblat K.R. Muhammad Wardan dan haversine formula berbeda dari segi langkah-langkah hingga hasil setiap perhitungan tetapi arah kiblat dari kedua perhitungan dalam satu tempat menunjukan satu arah yang sama. Berdasarkan kesimpulan diatas, saran penulis dalam perhitungan arah kiblat dari Muhammad Wardan jika ingin hasil perhitungan arah kiblat lebih akurat harus mengambil angka lima digit atau lebih. Setiap hasil perhitungan arah kiblat antara K.R. Muhammad Wardan dan James Andrew pada satu tempat yang sama berbeda, tetapi hasil tersebut dapat menunjukan arah yang sama untuk seluruh dunia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bakhroin, Alimwonkalim95@gmail.comC08215001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@GMAIL.COM0716088604
Subjects: Salat
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Teori K.R Muhammad Wardan; Teori James Andrew; Perhitungan arah kiblat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Alim Bakhroin
Date Deposited: 30 Aug 2020 02:54
Last Modified: 30 Aug 2020 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43260

Actions (login required)

View Item View Item