Analisis ideologi dan gerakan keagamaan: studi Kasus Komunitas Salafi di Pondok Pesantren Al-Bayyinah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiyah, Nazilatul (2020) Analisis ideologi dan gerakan keagamaan: studi Kasus Komunitas Salafi di Pondok Pesantren Al-Bayyinah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nazilatul Ilmiyah_E92216039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemunculan dan perkembangan berbagai macam paham tentang keagamaan dan gerakan keagamaan saat ini sangat mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat. Sebagai suatu paham yang baru, dengan pengertian yang baru juga tumbuh di suatu tempat atau memang benar-benar didirikan mendapat beberapa dukungan atau penolakan. Dalam skripsi ini penulis membahas dua rumusan masalah diantaranya bagaimana ideologi salafi di ponpes Al-Bayyinah dan bagaimana strategi penyebaran gerakan keagamaan yang ada di ponpes tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan maksud memahami langsung objek yang diteliti, seperti melakukan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Dalam penelitian ini penulis menganalisis meggunakan teori Quntan Wictorowicz yang menjelaskan bagaimana relasi gerakan keagamaan bisa berkembang dalam masyarakat yang terbilang minoritas namun bisa berkembang dengan pesat. Berdasarkan dari penelitian ini bahwa ideologi yang diajarkan dipondok pesantren Al-Bayyinah ialah menganut ideologi Islam salafi yakni ideologi yang berlandaskan atau segala sesuatu merujuk kepada Al-Qur’an dan as-sunnah, sesuai pemahaman salafush-sholih yakni orang-orang yang hidup dizaman Rasulullah (para sahabat, tabi’in, tabi’ut dan tabi’in). Adapun strategi dalam penyebaran gerakan keagamaan tersebut, pondok pesantren Al-Bayyinah bergerak dibidang dakwah dan sosial, strategi yang dilakukan untuk menyebarkan dakwah yakni dengan adanya lembaga-lembaga pendidikan yang ada di pesantren tersebut, serta melakukan dakwah dimasyarakat dengan kajian rutin yang menyampaikan tentang kitab-kitab salaf dengan pemahaman salafus sholih. Dalam bidang sosial, di mana mereka melakukan aktivitas yang dapat dikenal masyarakat, seperti diadakannya hajatan massal, khitanan masal, dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiyah, Nazilatulnazilamiyah@gmail.comE92216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyir, Kunawikunawi@uinsby.ac.id2018096401
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama
Ideologi Islam
Pesantren
Keywords: Ideologi; Keagamaan; Pesantren.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nazilatul Ilmiyah
Date Deposited: 27 Aug 2020 13:06
Last Modified: 17 Sep 2020 16:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43276

Actions (login required)

View Item View Item