Konversi agama dan corak keagamaan anggota PITI Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kautsar, Atika (2020) Konversi agama dan corak keagamaan anggota PITI Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atika Kautsar_E02216004.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang latar belakang terjadinya konversi agama oleh anggota PITI dari non-muslim kemudian menjadi muslim dan corak keagamaan anggota PITI Surabaya pasca konversi agama. Adapun tujuan penelitian ini menjelaskan faktor-faktor anggota PITI melakukan konversi agama serta alasannya memilih agama Islam sebagai agama baru nya, dan corak keagamaan anggota PITI setelah menjadi muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Studi ini dilakukan di PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Konversi Agama dari Rambo R Lewis dan teori Tipologi Tripolar dari Alan Race. Temuan penelitian ini adalah faktor-faktor yang mendorong anggota PITI Surabaya melakukan konversi agama meliputi faktor pribadi dan faktor masyarakat. Kemudian alasan mereka memilih berpindah agama ke agama Islam karena hanya di Islam mereka merasakan ketenangan. Lalu setelah masuk Islam, menjalankan kehidupan bertahun-tahun dengan keyakinan yang baru, mereka cenderung tergolong sebagai tipe Islam moderat dan Islam puritan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kautsar, Atikaatikakautsar05@gmail.comE02216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDBasyir, Kunawikunawi@uinsby.ac.id2018096401
UNSPECIFIEDSuwarko, Andiandisuwarko1974@gmail.com2010117401
Subjects: Agama
Keywords: Konversi; Corak Keagamaan; PITI
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Atika Kautsar
Date Deposited: 27 Aug 2020 12:05
Last Modified: 27 Aug 2020 12:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43283

Actions (login required)

View Item View Item