Implikasi tingkat literasi terhadap inklusi keuangan syariah dalam menggunakan produk BMT masyarakat pesisir pantai utara Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Johan, Johan (2020) Implikasi tingkat literasi terhadap inklusi keuangan syariah dalam menggunakan produk BMT masyarakat pesisir pantai utara Kabupaten Tuban. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Johan_F02418144.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Implikasi Tingkat Literasi Terhadap Inklusi Keuangan Syariah Dalam Menggunakan Produk BMT Masyarakat Pesisir Pantai Utara Kabupaten Tuban”. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi dan mendiskripsikan tingkat literasi keuangan syariah masyarakat pesisir pantai utara Kabupaten Tuban, untuk mengetahui indikator dan mendiskripsikan tingkat Inklusi keuangan syariah masyarakat pesisir pantai utara Kabupaten Tuban dan untuk mengetahui Implikasi tingkat literasi terhadap inklusi keuangan syariah masyarakat pesisir pantai utara Kabupaten Tuban. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penyipulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan masyarakat tentang keuangan syariah di pesisir pantai Utara Tuban masih tergolong tatanan rendah karena kurangnya edukasi keuangan syariah oleh lembaga keuangan mikro syariah (LKMS). Rendahnya literasi tidak mengurangi minat masyarakat untuk menggunakan produk-produk LKMS baik tabungan dan pembiayaan karena kebutuhan modal untuk pengembangan usaha sangat besar. Peningkatan inklusi dapat dilihat dari jumlah nasabah BTM Surya Utama yang terus meningkat dari Tahun 2018 ke Tahun 2019 sebesar 16%, sedangkan dari BMT Surya Rahardja mengalami peningkatan sebesar 19%. Tujuan dari inklusi keuangan adalah untuk membuka kran eksklusivitas bagi masyarakat pesisir Tuban dan memberikan kelayakan untuk mendapatkan permodalan dari lembaga jasa keuangan syariah melalui program yang mampu memberikan dampak positif pada spiritual, agama dan ekonomi sehingga mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat pesisir Tuban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Johan, Johanjohanjio65@gmail.comF02418144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, AbdulProf.dr.abdhadi99@gmail.com1955111819810310003
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: johan johan
Date Deposited: 27 Aug 2020 12:50
Last Modified: 02 Sep 2020 13:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43284

Actions (login required)

View Item View Item