Pemberdayaan ekonomi perempuan nelayan kerang untuk meningkatkan ketahanan keluarga di desa Bluru Kidul kecamatan Sidoarjo kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istantina, Erinza Iffa (2020) Pemberdayaan ekonomi perempuan nelayan kerang untuk meningkatkan ketahanan keluarga di desa Bluru Kidul kecamatan Sidoarjo kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erinza Iffa Istantina_B02216013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi untuk meningkatkan perekonomian perempuan nelayan kerang melalui pembuatan kerupuk kerang. Desa Bluru Kidul Kabupaten Sidoarjo memiliki aset alam berupa kerang. Masyarakat juga memiliki ketrampilan untuk mengolah kerang. Namun kedua aset tersebut belum dimanfaatkan dengan baik. Tujuan penelitian ini demi untuk melaksanakan pembangunan ekonomi masyarakat Desa Bluru Kidul dan meningkatkan perekonomian keluarga dengan cara membuat produk kerupuk kerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yang dilakukan selama 2 bulan, mulai dari asesmen awal hingga perubahan yang terjadi dilakakukan dengan melakukan analisis Trend and Change dan Leaky Bucket. Pendekatan ABCD ini mengutamakan pada aset yang dimiliki masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1). Strategi pemberdayaan dilakukan oleh Kelompok Khataman. (2). Pelatihan melakukan pengolahan kerupuk kerang hingga proses pemasaran secara offline dengan meemanfaatkan pedagang kelontong di Desa Bluru Kidul Sidoarjo. Melalui program tersebut hasil dampingan uang dilakukan membawa sebuah perubahan pada perempuan nelayan kerang untuk mengurangi ketergantungan pada pendapatan suami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istantina, Erinza Iffaerinzaii17@gmail.comB02216013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@gmail.com197804192008012014
Subjects: Ekonomi
Pengabdian Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Pengelolaan; Meningkatkan Perekonomian.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Erinza Iffa Istantina
Date Deposited: 31 Aug 2020 09:57
Last Modified: 31 Aug 2020 09:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43285

Actions (login required)

View Item View Item