Agama dan tindak kejahatan : studi kasus kriminal Begal di Bangkalan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, As'ad Alno (2020) Agama dan tindak kejahatan : studi kasus kriminal Begal di Bangkalan Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
As'ad Alno Ramadhan_E02216003.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat lapangan dan memfokuskan pada makna agama bagi pelaku kriminal begal dan latar belakang orang dapat melakukan kriminal begal tersebut. Dalam melakukan kajian skripsi ini, peneliti merumuskan dua rumusan masalah yaitu: 1) mengapa seorang yang beragama melakukan tindakan yang berlawanan dengan agama (tindak kriminal begal), 2) bagaiamana latar belakang seorang melakukan kriminal begal di Bangkalan Madura. Dengan demikian, kajian dalam skripsi ini tujuannya untuk menjawab persoalan dari dua rumusan masalah yang telah dirumuskan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tujuan mencari tahu, mempelajari, mengamati kemudian menganalisis data lapangan tentang pelaku begal, dan menggunakan jenis pendekatan studi kasus untuk mencari faktor yang melatar belakangi seseorang melakukan tindak kejahatan begal yang bertolak belakang dengan ajaran agama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumntasi. Sumber data dari penelitian ini adalah pelaku begal yang ada di Bangkalan Madura. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang seorang melakukan tindak kriminl begal karena faktor lingkungan, faktor ekonomi, faktor pendidikan dan faktor perilaku atau gaya hidup. Kemudian seorang pelaku begal yang merupakan orang beragama dapat melakukan tindak kriminal karena didorong oleh id (nafsu amarah) yang kuat. Selain itu posisi ego (nafsu lawwamah) tidak bisa membendung keinginan dari id (nafsu amarah). Ada pula supergo (nafsu muthmainnah) sebagai tatanan tertinggi yang berisi nilai moral yang luhur berposisi sebagai acuan atau pengingat tentang tindakan-tindakan yang bersifat melanggar nilai moral.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, As'ad Alnoaszadle@gmail.comE02216003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.id2007127102
Subjects: Agama
Kekerasan
Keywords: agama; kejahatan; begal.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: As'ad Alno Ramadhan
Date Deposited: 27 Aug 2020 12:11
Last Modified: 27 Aug 2020 12:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43290

Actions (login required)

View Item View Item