Studi prevalensi dan derajat infeksi parasit pada ikan tongkol (Euthynnus Sp.) di TPI Lekok dan di TPI Sendang Biru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Nadia Atha (2020) Studi prevalensi dan derajat infeksi parasit pada ikan tongkol (Euthynnus Sp.) di TPI Lekok dan di TPI Sendang Biru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
NADIA ATHA SALSABILA_H04216017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Parasitisme merupakan kejadian yang biasa terjadi dalam lingkungan perairan laut dan memungkinkan semua ikan laut terinfeksi cacing parasitik. Parasit dapat memberikan pengaruh yang bersifat negatif karena dapat menyebabkan penurunan populasi ikan dan kualitas ikan. Infeksi pada manusia bersifat incidental, berdampak terhadap kesehatan manusia dan menyebabkan beberapa gejala seperti diare, sakit perut, muntah dan demam. Pada kondisi yang akut dapat terjadi peradangan dan luka pada saluran pencernaan. Ikan tongkol (Euthynnus sp.) merupakan salah satu ikan pelagis besar yang diminati dan harganya terjangkau oleh masyarakat. Hal inilah menjadi dasar dilakukan penelitian untuk mengetahui kelimpahan parasit yang ditemukan pada organ dalam ikan tongkol serta mengaitkan bobot ikan dengan tingkat infeksi parasit di TPI Lekok dan TPI Sendang Biru. Pengambilan sampel ikan tongkol di TPI Lekok dan TPI Sendang Biru, diperiksa dan diamati di laboratorium BKIPM Surabaya II. Hasil penelitian menunjukkan cacing parasitik yang menginfeksi ikan tongkol diantaranya Rhadinorhynchus sp. (Filum : Acanthocephala), Echinorhynchus sp. (Filum : Acanthocephala), Neoechinorhynchus sp. (Filum : Acanthocephala), dan Anisakis sp. (Filum : Nemathelminthes). Tingkat infeksi parasit tertinggi adalah ikan yang memiliki bobot kecil di lokasi tersebut. Keterkaitan bobot ikan dengan tingkat infeksi parasit diketahui bahwa semakin kecil bobot ikan maka semakin banyak dan variatif parasit dan berkaitan dengan perkembangan system kekebalan tubuh dan juga kebiasaan makan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Nadia Athanadiaatha89@gmail.comH04216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajarsetiawan832@gmail.com2006058402
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwigaalif@gmail.com199203292019031012
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Parasit, Prevalensi; Derajat Infeksi; Ikan tongkol, Bobot
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Nadia Atha Salsabila
Date Deposited: 27 Aug 2020 13:03
Last Modified: 27 Aug 2020 13:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43292

Actions (login required)

View Item View Item