Analisis pemahaman relasional siswa dalam memecahkan masalah Matematika berdasarkan teori APOS ditinjau dari kemampuan awal Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Aminatus (2020) Analisis pemahaman relasional siswa dalam memecahkan masalah Matematika berdasarkan teori APOS ditinjau dari kemampuan awal Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminatus Sholihah_D74215079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman relasional adalah kemampuan menghubungkan antar konsep yang relevan serta mengetahui alasan hubungan antar konsep tersebut. Pemahaman relasional dapat dianalisis dengan menggunakan teori APOS. Tahapan dari teori APOS terdiri atas aksi, proses, objek, dan skema. Siswa memenuhi semua sub-indikator pemahaman relasional apabila siswa telah memenuhi semua tahapan teori APOS. Setiap siswa memiliki tingkatan pemahaman yang berbeda-beda. Tingkat pemahaman siswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan awal matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan kemampuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah mengacu pada teori APOS. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa kelas VIII B MTs Islahiyah Kalitidu-Bojonegoro yang terdiri atas 2 siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan awal matematika sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan awal matematika rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara berbasis tugas pemecahan masalah matemtika. Data hasil pemecahan masalah serta transkrip wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa mengacu pada teori APOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kategori kemampuan awal matematika tinggi telah memenuhi semua sub-indikator pemahaman relasional. Subjek dengan kategori kemampuan awal matematika sedang juga telah memenuhi semua sub-indikator pemahaman relasional, tapi masih belum sempurna. Sedangkan subjek dengan kategori kemampuan awal matematika rendah hanya memenuhi 6 dari 10 sub-indikator pemahaman relasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Aminatusaminatussholihah254@gmail.comD74215079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Keywords: Pemahaman Relasioanl; Teori APOS; Kemampuan Awal Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aminatus Sholihah
Date Deposited: 28 Aug 2020 01:36
Last Modified: 28 Aug 2020 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43316

Actions (login required)

View Item View Item