فعالية استخدام طريقة Pictorial Riddle من خلال المدخل الاتصالي لترقية مهارة الكلام لطلاب الفصل العاشر في مدرسة السّعادة الثانوية الإسلامية بونجاه غرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Nur (2020) فعالية استخدام طريقة Pictorial Riddle من خلال المدخل الاتصالي لترقية مهارة الكلام لطلاب الفصل العاشر في مدرسة السّعادة الثانوية الإسلامية بونجاه غرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Istiqomah_D92216046.pdf

Download (8MB)

Abstract

Peneliti sangat tertarik menggunakan metode Pictorial Riddle melalui Pendekatan Komunikatif untuk peningkatan maharoh kalam kelas 10 di Madrasah Aliyah Assa’adah Bungah Gresik. Dimana dalam kelas ini peneliti menemukan beberapa permasalahan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam keterampilan berbicara. Diantaranya disebabkan karena terdapat berbagai siswa dari latar belakang yang berbeda, kebanyakan dari mereka belum mengetahui bahasa Arab sama sekali, kedua karena siswa memang malas untuk mempelajarinya dan tidak ingin mendalami pelajaran bahasa Arab karena dianggap sulit dan membosankan serta kurangnya kosa kata siswa dan enggan untuk menerapkannya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menggunakan metode Pictorial Riddle melalui Pendekatan Komunikatif untuk peningkatan maharoh kalam kelas 10 di Madrasah Aliyah Assa’adah Bungah Gresik. Metode ini berfungsi sebagai pembangun konsep pembelajaran yang berkesan, dan mampu memperoleh hasil yang maksimal dari hasil pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep terhadap suatu teori. Adapun hasil dari penelitian yang didapatkan adalah nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (13.870>2.028), yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak hipotesis (Ha) diterima. Dan nilai Sig. (2-tailed) kurang dari0,05 (0,000<0,05), yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat keefektivitasan penggunaan metode Pictorial Riddle melalui Pendekatan Komunikatif untuk peningkatan maharoh kalam kelas 10 di Madrasah Aliyah Assa’adah Bungah Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Nursitimashumah22@gmail.comD92216046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Keywords: Metode Pictorial Riddle; Pendekatan komunikatif; Keterampilan berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Istiqomah
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:45
Last Modified: 28 Aug 2020 05:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43320

Actions (login required)

View Item View Item