Analisis hukum islam terhadap praktik jual beli tiket Persebaya di Persebaya Store

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handiyarsyah, Zulfikar Muhammad (2020) Analisis hukum islam terhadap praktik jual beli tiket Persebaya di Persebaya Store. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfikar Muhammad Handiyarsyah_C02216073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Toko Persebaya Store Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul di analisis menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif, yaitu cara berfikir yang berpijak pada konsep serta teori-teori hukum Islamyang kemudian dikaitkan dengan fakta di lapangan tentang transaksi jual beli tiket di Persebaya Store. Hasil penelitian menyimpulkan: pertama, praktik jual beli tiket Persebaya di Surabaya Store dibagi menjadi dua yaitu secara online dan secara langsung atau datang ke toko Persebaya Store. Pembelian tiket secara langsung dalam proses transaksinya seperti jual beli pada umumnya, ada barang yang di beli, ada nilai tukar pengganti barang, dan ada penjual dan pembeli, dan proses ijab kabul. Sedangkan pembelian secara online pembeli mengirimkan uangnya terlebih dahulu melalui transfer ke bank BCA setelah uang diterima pihak penjual mengirimkan tiket tersebut. Kedua, Analisis hukum Islam dalam permasalahan jual beli tiket Persebaya dapat dikatakan khiyar aib dan transaksi jual belinya bersifat gharar karena pihak pembeli belum mengetahui bahwa tiket yang dibeli dapat digandakan disebabkan kualitas tiket yang di beli kurang baik sehingga oknum-oknum yang menggandakan tersebut menyebabkan pembeli tiket asli tidak dapat masuk ke stadion karena sudah didahului oleh penonton yang membeli tiket palsu tersebut. Dari hasil penelitian ini penulis memberikan saran kepada pihak manajemen Persebaya perlu adanya evaluasi mengenai alat pengecek barcode tiket agar apa yang terdeteksi oleh alat pengecekan barcode hanya bisa yang asli. Sedangkan kepada para pembeli harusnya lebih teliti dalam melakukan transaksi jual beli tiket Persebaya, harus melihat kualitas tiket, dan jangan pernah membeli tiket ke calo lebih baik membeli tiket ke Persebaya Store langsung atau ke Ticket Box.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handiyarsyah, Zulfikar Muhammadzulfikarhandiyarsyah@gmail.comC02216073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBudiono, Mohamadbudielhajj71@gmail.com2-10107101
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Jual Beli; Tiket Box.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zulfikar Handiyarsyah
Date Deposited: 28 Aug 2020 15:33
Last Modified: 28 Aug 2020 15:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43328

Actions (login required)

View Item View Item