This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kahfi, Muhammad Ash Habul (2020) Pengaruh penerapan media pembelajaran Mind Mapping terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII a di SMP Plus Sabilurrosyad Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muhammad Ash Habul Kahfi D91216065.pdf Download (2MB) |
Abstract
Mind mapping (peta pikiran) adalah suatu teknik mencatat yang mengembangkan gaya belajar visual. Peta pikiran memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak yang terdapat didalam diri seseorang. Dengan adanya keterlibatan kedua belahan otak maka akan memudahkan seseorang untuk mengatur dan mengingat segala bentuk informasi, baik secara tertulis maupun secara verbal dan dapat memudahkan menyerap informasi yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media mind mapping terhadap prestasi belajar siswa SMP Plus Sabilurrosyad Sidoarjo. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana penerapan media pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII A di SMP Plus Sabilurrosyad Sidoarjo?, 2) Bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas VIII A di SMP Plus Sabilurrosyad Sidoarjo?, 3) Adakah pengaruh penerapan media pembelajaran mind mapping terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII A di SMP Plus Sabilurrosyad Sidoarjo?. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Subyek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII A SMP Plus Sabliurrosyad Sidoarjo. Untuk mengetahui hasilnya, maka peneliti membutuhkan analisis data keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media mind mapping, observasi aktivitas selama pembelajaran, prestasi belajar siswa dan respon siswa setelah diterapkannya media mind mapping. Hasil penelitian diperoleh bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan mind mapping diperoleh rata-rata sebesar 96,25% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Data observasi aktivitas siswa digunakan sebagai data pendukung terhadap keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh melalui penilaian pengamat diperoleh persentase sebesar 93,40% dengan kategori sangat baik. Data prestasi belajar siswa saat diuji dengan uji gain score ditentukan dari soal pretest dan soal posttest diperoleh skor rata-rata sebesar 88,36 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,30% , dan rata-rata gain skor sebesar 0,7 dengan kriteria tinggi. Data respon positif siswa setelah diterapkannya media mind mapping diperoleh persentase sebesar 95,38% dengan kategori sangat baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Mind mapping; Uji gain; Makanan minuman halal dan haram; Pretest; Posttest. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Ash Habul Kahfi | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2020 04:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2020 04:27 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43348 |
Actions (login required)
View Item |