Upacara ngaben umat Hindu di Pura Jala Siddhi Amerta Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Riska (2020) Upacara ngaben umat Hindu di Pura Jala Siddhi Amerta Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riska Fitriani_E02215020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bagaimana proses pelaksanaan upacara ngaben di pura Jala Siddhi Amerta Sidoarjo. Bagaimana makna-makna yang terkandung di dalam upacara tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menggunakan metode wawancara yang fleksibel dan observasi lapangan secara langsung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori continuity and change yang diungkapkan oleh Roger, agama dan kebudayaan akan senantiasa berkembang dan berakulturasi dengan budaya setempat lainnya sehingga terciptalah perubahan yang baru tanpa meninggalkan yang lama. Baginya, untuk mencapai sebuah perubahan dan keberlanjutan yang sempurna perlu adanya tahapan-tahapan yang dilalui. Tahapan tersebut terbagi menjadi 5 yakni Awareness, Interest, Evaluation, Trial, and Adoption, atau dapat dipahami sebagai kesadaran, keinginan, evaluasi, mencoba, dan penerimaan. Upacara ngaben yang berlangsung di pura Jala Siddhi Amerta Sidoarjo adalah ngaben yang memiliki corak budaya Hindu yang sangat kuat. Hal ini terlihat melalui proses upacara ngaben yang dilaksanakan tidak jauh berbeda dengan yang ada di Bali. Beberapa komponen saja yang berbeda seperti pembakaran yang diubah menjadi crematorium, pengangkatan jenazah menggunakan mobil, dll. Meskipun demikian, esensi dan makna yang terkandung dalam upacara ngaben di pura Jala Siddhi Amerta Sidoarjo adalah sama yaitu mengembalikan unsur Panca Maha Bhuta pada Ida Sang Hyang Widdhi Wassa (Tuhan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Riskafitrianiriska1@gmail.comE02215020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Thesis advisorRosyidah, Feryani Umiferyani10@yahoo.co.id / feryani66@gmail.com2008026901
Subjects: Agama > Hindu
Hukum Adat
Ibadah
Keywords: Hindu; Upacara; Ngaben.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Riska Fitriani
Date Deposited: 30 Aug 2020 05:14
Last Modified: 30 Aug 2020 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43368

Actions (login required)

View Item View Item