Analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan akad nikah pada masa covid 19 di KUA kecamatan Dlanggu kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusro, Fithrotul (2020) Analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan akad nikah pada masa covid 19 di KUA kecamatan Dlanggu kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fithrotul Yusro_C01213035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Analisis hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Akad Nikah Pada Masa Covid 19 Di KUA Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, merupakan penelitian yang menjawab dua rumusan masalah; Bagaimana pelaksanaan ijab kabul wali dan calon mempelai laki-laki pada masa covid 19 di KUA kecamatan Dlanggu kabupaten Mojokerto dan Bagaimana Anaisis HukumIslam terhadap pelaksanaan ijab kabul pada masa covid 19 di KUA kecamatan Dlanggu kabupaten Mojokerto. Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dimana penelitian dengan cara menggambarkan keadaan lapangan, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknis analisis menggunakn metode deskriptif analitis dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Dalam praktik pelaksanaan akad nikah pada masa covid 19 ini dapat dilaksanakan atau dilangsungkan meskipun tanpa berjabat tangan, untuk mencegah tertularnya covid 19. Sebelum melaksanakan ijab kabul calon mempelai laki-laki, calon mempelai perempuan, wali nikah, dan yang lainnya harus memenuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan memakai masker, dan sarung tangan. Maka dengan kemadharatan ini pernikahannya tetap sah. Dan dalam hukum Islam keabsahan nikah tetap sah. Dan dengan memenuhi syarat dan rukun nikahnya seperti adanya calon mempelai laki-laki, calon mempelai perempuan, dua orang saksi, wali, dan ijab kabul. Sejalan dengan kesimpulan diatas maka para pihak yang akan melaksanakan atau melangsungkan ijab kabul harus memenuhi protokol kesehatan. Dan ijab kabul tanpa berjabat tangan tetap sah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusro, Fithrotulyusrofita@gmail.comC01213035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCandrawati, Siti Dalilahdalillahcandra@yahoo.com2020066001
Subjects: Hukum Islam
Nikah > Nikah - Ijab Kabul
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: FITHROTUL YUSRO
Date Deposited: 30 Aug 2020 05:04
Last Modified: 30 Aug 2020 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43373

Actions (login required)

View Item View Item