Penerapan metode permainan petak umpet kartu hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada kelompok A di Raudhatul Athfal Daruh Najah Klopo Sepuluh Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qur'ani, Rizka Lia Qur'ani (2010) Penerapan metode permainan petak umpet kartu hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada kelompok A di Raudhatul Athfal Daruh Najah Klopo Sepuluh Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Lia Qur'ani_D98216053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelompok A di Raudhatul Athfal Darun Najah Klopoh Sepuluh Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan dalam mengenal huruf hijaiyah masih kurah atau rendah. hal tersebut dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru ketika belajar mengajar yaitu metode penugasan, guru selalu menggunakan buku atau lembar kerja siswa, maka peneliti menggunakan cara menerapkan metode permainan petak umpet kartu hijaiyah supaya siswa dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah. Model penelitian menggunakan Model Kurt Lewin, metode penelitian tindakan kelas ini mempunyai empat komponen yakni perencanaan, pelaksaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) Penerapan metode permainan petak umpet kartu hijaiyah dalam proses pembelajaran mendapatkan hasil disetiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini berdasarkan hasil Observasi Aktivitas guru dan siswa. Hasil Observasi guru pada siklus I memperoleh 76,6% sedangkan Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 70%. Selanjutnya pada siklus II hasil observasi aktivitas guru memperoleh 91,6% sedangkan Hasil observasi siswa memperoleh 90%. (2) Adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dari penerapan metode permainan petak umpet kartu hijaiyah dengan melihat nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 63,15 dengan prosentase ketuntasan belajar anak adalah 42,10%. Sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 80,26 dengan prosentase ketuntasan belajar anak 89,47%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qur'ani, Rizka Lia Qur'aniRizka.ani@yahoo.comD98216053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Kemampuan mengenal huruf hijaiyah; Metode permainan petak umpet kartu hijaiyah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rizka Ani
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:09
Last Modified: 20 Oct 2020 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43378

Actions (login required)

View Item View Item