Pengorganisasian masyarakat dalam menciptakan ligkungan sehat di Dusun Krajan Desa Ngepung Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakinah, Zainah (2020) Pengorganisasian masyarakat dalam menciptakan ligkungan sehat di Dusun Krajan Desa Ngepung Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainah Sakinah_B02216052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya mengatasi permasalahan sampah yang dialami masyarakat Dusun Krajan Desa Ngepung. Masalah berawal dari kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan, tempat yang biasa digunakan masyarakat untuk membuang sampah sembarangan adalah lahan kosong, pekarangan, dan sungai kering/curah. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi lingkungan masyarakat Desa Ngepung, strategi pengorganisasian dan hasil capaian. Tujuan dari penelitian ini mengetahui situasi kesehatan lingkungan, menemukan strategi pengorganisasian, dan mengetahui hasil yang dicapai dari strategi.Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam proses lapangan adalah PAR (Parsipatory Action Research). Langkah pertama yang dilakukan adalah membangun kepercayaan masyarakat, langkah kedua menentukan strategi bersama masyarakat, langkah ketiga membangun kesepakatan bersama masyarakat sampai terwujudnya perencanaan aksi, evaluasi dan refleksi.Strategi pengorganisasian yang ditemukan peneliti bersama kelompok adalah (1) Melakukan pendidikan pengelolaan sampah rumah tangga, (2) Pemanfaatan sampah rumah tangga menjadi pupuk, (3) Pemanfaatan pupuk sebagai media tanam. (4) Penguatan kelompok melalui bank sampah dan (5) Advokasi kepada pemerintah desa untuk memunculkan peraturan baru. Perubahan yang dihasilkan dari proses pengorganisasian adalah masyarakat menjadi faham dan mampu menerapkan pengelolaan sampah rumah tangga dan memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk organik. Pola pikir masyarakat mengenai sampah berubah, masyarakat yang tadinya berfikiran bahwa sampah adalah barang tidak bermanfaat dan berharga dapat diubah menjadi barang yang berharga dan bermanfaat. Beberapa sampah yang dapat didaur ulang dibawa ke bank sampah dan dimanfaatkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakinah, Zainahsakinahzainah@gmail.comB02216052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pengorganisasian; Sampah; Pengelolaan Sampah; Bank Sampah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zainah Sakinah
Date Deposited: 30 Aug 2020 13:04
Last Modified: 30 Aug 2020 13:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43380

Actions (login required)

View Item View Item