IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL : STUDI KASUS DALAM PENGAJARAN AGAMA ISLAM TERHADAP PESERTA DIDIK NON MUSLIM DI PP. NGALAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arsyillah, Berlian Tahta (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL : STUDI KASUS DALAM PENGAJARAN AGAMA ISLAM TERHADAP PESERTA DIDIK NON MUSLIM DI PP. NGALAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Keberagaman suku, agama, bahasa, ras, etnis, dan budaya menjadikan Negara Indonesia sebagai negara multi budaya atau biasa disebut multikultural. Seringkali kemajemukan yang terjadi di Indonesia menimbulkan percekcokan sehingga kerap kali terjadi kekerasan, penindasan, teror yang mengatasnamakan agama. Seorang Kyai pendiri PP. Ngalah Pasuruan memiliki gagasan dalam menyikapi persoalan tersebut. Sering kali ia mengadakan beragam acara untuk kesatuan umat beragama. Bahkan dalam aplikasinya pengajian di pesantrennya diikuti oleh beragam golongan masyarakat multikultural, misalnya non muslim, orang Jawa, Madura, tukang ojek, pengusaha, tokoh agama, sampai pengamen.
Oleh karenanya, peneliti tertarik untuk mengetahui sejauh mana proses pendidikan multikultural yang terjadi di Pesantren Ngalah. Dengan menfokuskan pokok penelitian, peneliti mengupas tuntas mengenai kurikulum yang diterapkan dalam pendidikan multikultural di Pesantren Ngalah, yang dari proses pembelajaran ini dapat berdampak pada output yang dihasilkan setelah mengikuti pengajian di sana. Tentunya pelaksanaan tersebut memiliki dukungan dan hambatan dalam aplikasinya.
Untuk mempermudah penelitian, peneliti menggunakan penelitian lapangan, yaitu dengan langsung terjun ke lokasi yang diteliti. Pengumpulan data dapat diperoleh dari observasi terhadap lingkungan di sana, wawancara kepada pihak terkait, dan mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan dengan implementasi pendidikan multikultural di Pesantren Ngalah.
Penemuan yang dihasilkan dalam penelitian di PP. Ngalah, terdapat implementasi pendidikan multikultuaral, ditunjukkan dari pelaksaan pengajian yang diikuti oleh non muslim, yang mampu merubah polah pikir tentang Islam yang dulunya dianggap “keras” sehingga sikap yang terwujud adalah rasa toleransi antar manusia

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Achmad Muhibin Zuhri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arsyillah, Berlian TahtaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pesantren
Keywords: Pendidikan Multikultural; Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:42
Last Modified: 01 Feb 2016 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4339

Actions (login required)

View Item View Item