Membangun spiritualitas pertanian kelompok tani di dusun Ngablak desa Prijek Ngablak kecamatan Karanggeneng kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khanun, Syuhrotul (2020) Membangun spiritualitas pertanian kelompok tani di dusun Ngablak desa Prijek Ngablak kecamatan Karanggeneng kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syuhrotul Khanun_B92216093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini membahas tentang menumbuhkan spiritualitas Pertanian Kelompok Tani di Dusun Ngablak. Lunturnya spirit keagamaan ditandai dengan beberapa hal, yaitu menguatnya semangat materialisme dalam pertanian, pemahaman bahwa ibadah tidak terkait dengan masalah pertanian, do’a-do’a pertanian dalam bahasa Jawa yang disebut dengan sroti tani sudah tidak digunakan, dan penggunaan obat kimia secara berlebihan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi yang efektif dan upaya yang bisa dilakukan untuk membangkitkan kembali serta menjaga spirit keagamaan petani yang sudah luntur. Adapun Fokus Masalah yang dirumuskan peneliti, yaitu: 1) Bagaimana situasi problematika pertanian masyarakat di Dusun Ngablak? 2) Bagaimana pemberdayaan masyarakat dalam bertani secara spiritual? 3) Bagaimana strategi yang digunakan masyarakat untuk menumbuhkan spiritualitas pertanian?

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khanun, SyuhrotulSyuhrotulkhanun72@gmail.comB92216093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, YusriaYusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Pertanian
Keywords: Participatory Action Research; problematika pertanian masyarakat di Dusun Ngablak.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Syuhrotul Khanun
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:17
Last Modified: 01 Sep 2020 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43429

Actions (login required)

View Item View Item