Penerapan prinsip keadilan dalam penetapan nisbah bagi hasil pada pembiayaan muḍārabah di BMT Nurul Jannah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Busthomi, Miftakhur Rizqiyyah (2017) Penerapan prinsip keadilan dalam penetapan nisbah bagi hasil pada pembiayaan muḍārabah di BMT Nurul Jannah Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhur Rizqiyyah Al Busthomi_F020415094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang penerapan sistem bagi hasil pada pembiayaan muḍārabah di BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik. Guna menuju pada sistem bagi hasil yang baik dan adil. Jenis penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah metode penelitian kualitatif yang dilakukan berada langsung dengan objek penelitian, terutama dalam usahanya mengumpulkan data dan berbagai informasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber data asli dari BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik. Serta data sekunder yaitu data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara yang berupa studi pustaka al Quran, al Hadis, buku-buku, majalah, serta dokumen yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Adapun metode pengumpulan data melalui data lapangan, yaitu pengumpulan data secara langsung pada objek penelitian. Dalam rangkah mencari data yang akurat, penelitian ini penulis lakukan di BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik, dengan alat untuk mengumpulkan data menggunakan observasi dan wawancara, serta alat analisis yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian yang dilakukan menyimpulkan aplikasi penetapan nisbah bagi hasil di BMT Nurul Jannah sudah ditentukan terlebih dahulu, dan bentuk penawaran penetapan tersebut hanya terjadi pada pihak yang memiliki jumlah dana yang besar. Hal itu yang saya pandang sebagai kekurangan yang harus dipenuhi dari sisi keadilan. Sementara itu di dalam kondisi lain BMT Nurul Jannah memberlakukan penetapan nisbah yang berbeda kepada masyarakat umum dan karyawan PT. Petrokimia Gresik dikarenakan karyawan PT. Petrokimia Gresik dan masyarakat umum memiliki karakteristik yang berbeda dalam pembayaran cicilan setiap bulannya. Sejalan dengan hasil kesimpulan di atas, maka disarankan dalam menetapkan nisbah dan sistem bagi hasil pembiayaan muḍārabah hendaknya BMT harus lebih memperhatikan tentang keadilan agar anggota maupun pihak lembaga keuangan syari’ah dapat menerapkan sistem keuangan syariah yang sesungguhnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Busthomi, Miftakhur Rizqiyyahmift.rab@gmail.comF020415094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandarmift.rab@gmail.com2015066502
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Nisbah; Bagi Hasil.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miftakhur Rizqiyyah Al-Busthomi
Date Deposited: 15 Sep 2020 09:57
Last Modified: 15 Sep 2020 09:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43436

Actions (login required)

View Item View Item