Pembelajaran berhitung permulaan dengan menggunakan media stick angka anak kelompok A di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidah, Ayyu Zahroul (2010) Pembelajaran berhitung permulaan dengan menggunakan media stick angka anak kelompok A di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayyu Zahroul Maulidah_D98216060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mengkaji lebih dalam mengenai pembelajaran berhitung permulaan anak kelompok A di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Manyar Gresik. Awalnya pembelajaran berhitung permulaan dilakukan hanya dengan bantuan jari dan bisa dibilang masih abstrak, sehingga banyak anak yang masih bingung dan mengalami kesulitan dalam mengoprasikan penjumlahan dan pengurangan. Oleh karena itu 4 tahun terakhir ini guru menggunakan cara baru dengan menggunakan media stick angka. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berhitung permulaan dengan menggunakan media stick angka anak kelompok A di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Manyar Gresik serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran berhitung permulaan dengan menggunakan media stick angka anak kelompok A di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Manyar Gresik. Metode penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif dengan model Miles dan Huberman, yang analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) Pembelajaran berhitung permulaan dilakukan dengan menggunakan stick angka yang sudah dimodifikasi. Guru menjelaskan penggunaan terlebih dahulu, kemudian anak diminta untuk berhitung penjumlahan dan pengurangan sesuai dengan bilangan yang disebutkan ole ibu guru. Ketika anak masih belum paham ibu guru menjelaskan deengan menjelaskan secara berulang-ulang sampai anak merasa paham. Banyak anak yang sudah mencapai standart kemampuan berhitung permulaan yang ditentukan oleh sekolah. (2) Kelebihan penggunaan metode tersebut memudahkan ibu guru dalam menyampaikan materi, anak akan lebih mudah memahami konsep bilangan, sedangkan kekurangannya anak masih mengalami kesulitan dalam penulisan angka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidah, Ayyu Zahroulayuzahroul@gmail.comD98216060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Berhitung Permulaan; Media; Stick Angka.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ayyu Zahroul Maulidah
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:20
Last Modified: 01 Sep 2020 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43451

Actions (login required)

View Item View Item