Paradigma tafsir kontekstual M. Fethullah Gülen dalam menafsirkan Ayat Egalitarian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isyati, Okta Nurma (2020) Paradigma tafsir kontekstual M. Fethullah Gülen dalam menafsirkan Ayat Egalitarian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Okta Nurma Isyati_E93216081.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang mendiskusikan paradigma Tafsir Kontekstual Fethullah Ghullen dalam karyanya yang berjudul Adwa>’ Qur’aniyah fi sama>’ Al-Wijdan. Langkah operasional tafsir kontekstual Abdullah Saeed digunakan sebagai pengamatan awal hingga dijadikan pedoman kontekstualisasi ayat egalitarian yang digagas oleh M. Fethullah Gülen. Kajian ini bertujuan untuk menelisik pandangan M. Fethullah Gülen sebagai mufasir kontemporer dalam mengaktualisasikan ayat egalitarian dan implikasinya terhadap isu-isu global kontemporer. Penerapan pendekatan kualitatif dan jenis kepustakaan (library research) dalam penggalian data dalam memperoleh analisa secara deskriptif analitis yang diuraikan secara komprehensif. Literatur yang dijadikan sebagai sumber data primer ialah langsung mengacu kepada kitab karya M. Fethullah Gülen, Adwa>’ Qur’aniyah fi sama>’ Al-Wijdan dengan didukung beberapa karya serta kajian yang selaras dengan tema pembahasan. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat relasi antara metode tafsir yang ditawarkan oleh Abdullah Saeed dengan kinerja penafsiran M. Fethullah Gülen dalam kitabnya, dengan menggunakan ayat egalitarian sebagai pokok kajian kontekstual ayat. M. Fethullah Gülen memiliki konsep dialog antaragama dalam meredakan berbagai konflik krisis nilai egalitarianisme. Ia menawarkan konsep perdamaian yang dapat ditegakkan dengan empat pilar diantaranya love (cinta), compassion (simpati kepada orang lain), tolerance (toleransi) dan forgiving (saling memaafkan). Empat pilar ini yang akan membawa dialog untuk menemukan titik terang perdamaian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isyati, Okta Nurmaoktanurmaisyati@gmail.comE93216081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, Mutamakinmakinbill77@yahoo.co.id197709192009011007
Thesis advisorHasan, Muzayyanah Mutashimmuzayyanah@yahoo.com195812311997032001
Subjects: Tafsir
Keywords: Tafsir Kontekstual; M. Fethullah Gulen; Egalitarian.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Okta Nurma Isyati
Date Deposited: 02 Sep 2020 14:06
Last Modified: 02 Sep 2020 14:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43514

Actions (login required)

View Item View Item