Software quality testing pada aplikasi e-sim menggunakan iso/iec 9126 (studi kasus: polresta sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alvian, Fawwaz Afif (2020) Software quality testing pada aplikasi e-sim menggunakan iso/iec 9126 (studi kasus: polresta sidoarjo). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fawwaz Afif Alvian_H76216036.pdf

Download (13MB)

Abstract

Aplikasi e-SIM merupakan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan calon pemohon yang ingin membuat ataupun memperpanjang SIM. Pihak Polresta sendiri ingin meningkatkan kualitas aplikasi e-SIM, namun hingga saat ini belum ada pengujian serta pengukuran kualitas terhadap aplikasi ini sehingga perlu dilakukan pengujian dan pengukuran kualitas pada aplikasi e-SIM menggunakan ISO/IEC 9126 menurut pandangan user dan pengelola aplikasi e-SIM serta melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas aplikasi e-SIM. Pengujian kualitas dilakukan menggunakan ISO 9126 berdasarkan 6 variabel yaitu Usability, Efficiency, Functionality, Reliability, Maintainability dan Portability dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Instrumen pengujian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat ukur dalam mengukur kualitas aplikasi e-SIM. Kuesioner disebarkan kepada user dan pengelola aplikasi e-SIM, setelah didapatkan data dari pengisian kuesioner kemudian dilakukan analisa data menggunakan uji kelayakan untuk menentukan ukuran kualitas aplikasi e-SIM. Diperoleh presentase rata-rata kelayakan sebesar 78% dengan interpretasi “Cukup” pada aplikasi e-SIM dengan demikian dapat dinyatakan bahwa aplikasi e-SIM telah memenuhi Standard ISO 9126. Namun masih terdapat beberapa sub variabel yang memiliki interpretasi nilai yang masih dirasa kurang seperti sub variabel Attractivess, Operability, Usability Compliance, Time Behaviour dan Adaptability sehingga diberikan rekomendasi pengembangan terhadap sub variabel tersebut agar dapat meningkatkan kualitas aplikasi e-SIM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alvian, Fawwaz Afiffawwazalvian@gmail.comH76216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Fawwaz Afif Alvian
Date Deposited: 02 Sep 2020 22:30
Last Modified: 02 Sep 2020 22:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43516

Actions (login required)

View Item View Item