Karakter Jahiliyah dalam Alquran dan kontektualisasinya pada Masyarakat Kontemporer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iqbal, Nurudin Muhammad (2020) Karakter Jahiliyah dalam Alquran dan kontektualisasinya pada Masyarakat Kontemporer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurudin Muhammad Iqbal E93216142.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada abad 21 ini, perkembangan pendidikan, intelektual, ekonomi, dan Ilmu teknologi sangat berkembang pesat, sehingga mempengaruhi segala aspek kehidupan. Akan tetapi jangan berasumsi kejahilan akan terhapus sesuai dengan perkembangan zaman, jahiliyah bukan hanya kebodohon dalam pengertian sempit tetapi kebodohan dalam bidang spiritual dan sosial bahkan bisa lebih dari itu semua. Jahiliyah yang sifatnya tidak terbatas dengan ruang dan waktu, sangat memungkinkan pada zaman ini dan saat ini aktivitas-aktivitas kejahiliyahan masih di lakukan dengan kemasan modern tanpa kita sadari. Maka dari itu penulis mengumpulkan term-term jahiliyah dalam Alquran dan mengkontektualsisasikan pada masyarakat sekarang dengan kajian tematik dan menafsirkan dari jumur mufasir. Tercatat jahiliyah memiliki akar kata jahil yang mana kata jahil dan bentuk perubahannya dalam Alquran disebutkan 24 kali dalam 7 surat, 4 dari 24 ayat bentuknya jahiliyah. Dari 4 kali kata jahiliyah disebutkan menghasilkan 4 karekter pula, yaitu: jahiliyah dalam sifat individual, jahiliyah dalam sistem dan hukum, jahiliyah dalam bentuk sosial dan jahiliyah dalam fanatisme golongan. Jika dikaitkan dengan kondisi saat ini 4 sifat tersebut pada masa sekarang masih dilakukan tanpa sadar bahkan dibangga-banggakan. Melihat kondisi yang sangat mengkuatirkan tersebut, adanya jahiliyah modern yang dikemas dengan kesan-kesan yang terlihat baik maka harus kita berhati-hati dalam beraktifitas dan untuk solusi semua itu adalah kembali kejalan yang benar, yaitu jalan yang ditunjukan Tuhan (Alquran dan Hadist).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iqbal, Nurudin Muhammadnurudinmochiqbal234@gmail.comE93216142
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Thesis advisorHasan, Muzayyanah Mu'tashimmuzayyanah@yahoo.com195812311997032001
Subjects: Tafsir
Keywords: Jahiliyah; kontektualisasi; tafsir.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: NURUDIN MUHAMMAD IQBAL
Date Deposited: 02 Sep 2020 14:33
Last Modified: 02 Sep 2020 14:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43528

Actions (login required)

View Item View Item