Penetapan usia 18 tahun sebagai usia minimal nikah dalam civil codelaw Turki tahun 2003 dan relevansinya bagi penetapan usia minimal nikah di Indonesia (studi analisis)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahron, Abdul Chayyi (2019) Penetapan usia 18 tahun sebagai usia minimal nikah dalam civil codelaw Turki tahun 2003 dan relevansinya bagi penetapan usia minimal nikah di Indonesia (studi analisis). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Chayyi Zahron_C01215002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu penelitian yang menggunakan data dari buku maupun kitab yang sesuai dengan pokok masalah yang dikaji. Dalam penelitian ini, menggunakan metode pola pikir deduktif yaitu memaparkan Putusan MK No 22/PUU-XV/2017 untuk menganalisis terhadap perubahan usia minimal nikah wanita. Adapun hasil penelitian tentang Penetapan Usia 18 Tahun Sebagai Usia Minimal Nikah dalam Civil CodeLaw Turki Tahun 2003 dan Relevansinya Bagi Penetapan Usia Minimal Nikah di Indonesia memiliki kesamaan terkait usia yang dianggap layak untuk menikah atau dapat disebut sebagai usia dewasa. Sehingga tidak merenggut hak anak untuk mendapatkan haknya sesuai dengan UU Perlindungan Anak yang ada di Indonesia. Ketika ditinjau dalam perspektif gender pun lebih cenderung memiliki keseimbangan antara laki-laki dan perempuan sehingga tidak ada perbedaan gender. Sesuai dengan kesimpulan di atas maka penulis menyarakan agar terciptanya ius constituendum yang komperhensif mengenai pengaturan batas usia minimal nikah di Indonesia, perlu kiranya penulis memberikan saran terhadap pembuat Undang-Undang dalam hal ini Lembaga Legislatif untuk menggunakan batas usia minimal nikah sesuai hasil kajian dalam penelitian ini yakni 18 tahun untuk laki-laki dan perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahron, Abdul Chayyisie.abdul@gmail.comC01215002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMalik, Arif Jamaluddinarjamal77@gmail.com2006117202
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Islam > Islam - Negara
Nikah
Keywords: Civil Code Law Turki; Usia pernikahan; Putusan MK No 22/PUU-XV/2017 ; Pernikahan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Abdul Chayyi Zahron
Date Deposited: 09 Sep 2020 10:58
Last Modified: 09 Sep 2020 10:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43537

Actions (login required)

View Item View Item