Pengorganisasian masyarakat dalam konservasi lingkungan waduk sebagai upaya menjaga ketersediaan air di Dusun Waru Lor Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syuhana, Eka (2020) Pengorganisasian masyarakat dalam konservasi lingkungan waduk sebagai upaya menjaga ketersediaan air di Dusun Waru Lor Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
EKA SYUHANA B02216011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Waduk menjadi salah satu sumber air yang sangat penting bagi masyarakat Dusun Waru Lor karena dari air waduk tersebut kebutuhan air sehari-hari terpenuhi. Namun kurangnya perawatan dan pengelolaan waduk membuat ketersediaan air saat musim kemarau menurun drastis. Hal tersebut terjadi karena belum adanya upaya konservasi secara maksimal dari masyarakat, kurangnya pengetahuan serta belum adanya advokasi dan struktur pengelolaan yang jelas. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) yang dilakukan bersama masyarakat dengan prinsip partisipasi mulai dari pemetaan, FGD (Focus Group Discussion), survei angket rumah tangga, pengorganisasian, merancang strategi, membangun kesadaran konservasi, membangun sistem pendukung hingga evaluasi kegiatan. Dalam penelitian ini peneliti mengajak masyarakat untuk terlibat aktif sebagai aktor yang mengorganisir masyarakat lainnya. Strategi yang digunakan dalam menjaga dan pengelolaan waduk ini adalah konservasi lingkungan sebagai upaya menjaga ketersediaan air di Dusun Waru Lor khususnya saat musim kemarau tiba melalui beberapa kegiatan yakni pendidikan konservasi lingkungan, kampanye konservasi lingkungan, pengembangan kapasitas kelompok hingga advokasi kebijakan pada pemerintah desa. Hasil dari kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan adalah masyarakat bisa lebih peka akan kondisi lingkungan waduk serta masyarakat mendapatkan pengetahuan baru mengenai konsep konservasi melalui pendidikan dan kampanye yang dilakukan. Masyarakat juga bisa lebih aktif dan peka terhadap perubahan-perubahan lingkungan yang terjadi melalui pengembangan kapasitas kelompok yang ada serta adanya antusiasme untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan serupa karena adanya dukungan dari pihak pemerintah Desa Sukobendu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syuhana, Ekaekasyuhana@gmail.comB02216011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Pengorganisasian; Konservasi; Waduk
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Eka Syuhana
Date Deposited: 03 Sep 2020 11:23
Last Modified: 03 Sep 2020 11:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43561

Actions (login required)

View Item View Item