Pengorganisasian masyarakat dalam menciptakan lingkungan sehat melalui pengelolahan limbah ternak ayam di Desa Kedung Asri Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mu'azzah, Lailatul (2020) Pengorganisasian masyarakat dalam menciptakan lingkungan sehat melalui pengelolahan limbah ternak ayam di Desa Kedung Asri Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Mu'azzah_B92216078.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang suatu proses pengorganisasian masyarakat dalam menciptakan lingkungan sehat dalam pengurangan pencemaran lingkungan dengan pemanfaatan dan pengelolahan limbah feses ternak ayam. Proses pengorganisasian masyarakat bertujuan agar masyarakat mengetahui pentingnya lingkungan sehat. Desa Kedung asri ini adalah desa yang banyak terdapat peternakan ayam dan memiliki kondisi lingkungan kurang baik, kondisi ini disebabkan oleh tingginya limbah feses ternak ayam. Hal ini mengakibatkan lingkungan menjadi tercemar sehingga mengganggu kesehatan masyarakat. Adapun fokus masalah yang dirumuskan yaitu: (1) Bagaimanakah kondisi pencemaran lingkungan akibat limbah kotoran ayam di Desa Kedung Asri? (2) Bagaimana strategi untuk mengurangi pencemaran di Desa Kedung Asri? (3) Bagaiman relevansi dakwah dalam pengorganiasian masyarakat melalui pengelolahan limbah kotoran ayam dengan upaya pencegahan pencemaran?. Penelitian ini merupakan penelitian riset aksi dengan pendekatan Participatory Action Research. Kajian pustaka dilakukan untuk menemukan kerangka konseptual dari pemberdayaan masyarakat, konservasi lingkungan pesisir, sosiologi lingkungan pesisir dan konservasi lingkungan pesisir menurut perspektif dakwah Islam. Adapun kajian pustaka tersebut kemudian digunakan untuk memahami kondisi lapangan yang sesungguhnya dari sudut pandang ilmiah. Selanjutnya, melalui wawancara, FGD dan kajian pustaka tersebut dijadikan sebagai landasan dasar dalam menentukan aksi perubahan yang dikehendaki. Hasil penelitian proses pengorganisasian ini adalah terwujudnya lingkungan sehat dengan bertambahnya pengetahuan masyarakat akan manfaat pengelolahan limbah feses ternak ayam, dengan adanya kegiatan edukasi tentang lingkungan sehat bersama masyarakat, pemanfaatan limbah menjadi pupuk yang dilakukan bersama masyarakat, serta melakukan advokasi kepada pemerintahan Desa Kedungasri untuk membuat kebijakan tentang lingkungan sehat dengan pengurangan limbah, serta pemanfaatan limbah menjadi pupuk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mu'azzah, Lailatullailatulmuazzah3@gmail.comB92216078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Pengorganisasian masyarakat; lingkungan sehat; dakwah Islam; pengelolahan limbah, PAR
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: lailatul muazzah
Date Deposited: 03 Sep 2020 10:00
Last Modified: 03 Sep 2020 10:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43563

Actions (login required)

View Item View Item