Pemberdayaan perempuan nelayan dalam membangun kemandirian ekonomi di Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cantika, Mega Bella (2020) Pemberdayaan perempuan nelayan dalam membangun kemandirian ekonomi di Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bella Mega Cantika_B02216008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pemberdayaan dalam mengatasi tingginya tingkat ketergantungan kepada agen dan juragan disebabkan belum adanya kesadaranpengelolaan ikan dengan berbagai macam inovasi dan bertujuan agar tidak bergantungkepada agen. Fokus masalah dirumuskan, yaitu: 1) Bagaimana situasi ketergantungan perempuan nelayan kepada agen dan juragan? 2) Bagaimana strategi pemberdayaan perempuan nelayan dalam membangun kemandirian ekonomi masyarakat? 3) Bagaimana hasil pemberdayaan perempuan nelayan yang dilakukan dalam membangun kemandirian ekonomi? Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Proses penelitian ini dilaksanakan dengan mengkaji masalah bersama masyarakat hingga penyelesaian dari permasalahan agar tercipta perubahan sosial, dimulai dari pemetaan awal, inkulturasi, penggalian data, pemetaan partisipatif, menentukanmasalahan, menyusun strategi, pelaksanaan program, keberlanjutan program, serta monitoring dan evaluasi. Terdapat 3 tahapan strategi, yaitu pelatihan tentang pentingnya mengelola ikan, tenik pengelolaannya, dan pelatihan kewirausahaan tentang market line. Hasil dari penelitian proses pemberdayaan ini ialah terwujudnya perubahan dan bertambahnya wawasan dalam pengelolaan, yakni adanya kegiatan pelatihan mengelola ikan, pembentukan kelompok perempuan nelayan, serta melakukan advokasi kepada pemerintahan untuk membuat kebijakan tentang program pengelolaan ikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cantika, Mega Bellabellamegacantika@gmail.comB02216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAffandi, Agusagusaffandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Industri RumahTangga
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Wirausaha
Keywords: Perempuan Nelayan; Wirausaha; Pendampingan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Bella Mega Cantika
Date Deposited: 03 Sep 2020 22:51
Last Modified: 03 Sep 2020 22:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43578

Actions (login required)

View Item View Item