Membangun partisipasi masyarakat sadar lingkungan dalam upaya konservasi lingkungan pesisir di Pulau Sarappo Lompo Desa Mattiro Langi Kecamatan Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan Sulawesi Selatan.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhalilah, Nurhalilah (2020) Membangun partisipasi masyarakat sadar lingkungan dalam upaya konservasi lingkungan pesisir di Pulau Sarappo Lompo Desa Mattiro Langi Kecamatan Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan Sulawesi Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurhalilah_B52216057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses aksi pemberdayaan masyarakat dengan cara konservasi lingkungan pesisir dan dikaitkan dalam dakwa islam sebagai proses pemberdayaan penyadaran lingkungan pesisir dengan konservasi di desa mattiro langi wilayah pesisir pulau sarappo lompo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Participatory Action Research yang artinya dengan riset penelitian aksi. Kajian pustaka dilakukan untuk menentukan kerangka konsep dalam pemberdayaan masyarakat melalui konservasi lingkungan dan yang berkaitan dengan dakwa islam. Kajian pustaka tersebut kemudian digunakan untuk memahami kondisi lapangan yang terjadi secara realita sesungguhnya dengan sudut pandang ilmiah. Selanjutnya, melalui wawancara, FGD dan kajian pustaka tersebut dijadikan sebagai landasan dasar dalam menentukan aksi perubahan yang dikehendaki. Dalam penelitian aksi ini, disimpulkan bahwa “Membangun Partisipasi Masyarakat Sadar Lingkungan Dalam Upaya Konservasi Lingkungan Pesisir di Pulau Sarappo Lompo Desa Mattiro Langi Kecamatan Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan Sulawesi Selatan” termasuk cukup berhasil. Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan adanya partisipasi aktif masyarakat baik itu ibu-ibu dari pulau sarappo lompo yakni masyarakat lokal ataupun komunitas dari para kader ibu-ibu PKK desa Mattiro Langi dalam proses aksi perubahan dan dakwah Islam dalam proses konservasi lingkungan pesisir Desa Mattiro langi wilayah pulau sarappo lompo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhalilah, Nurhalilahnasruddinhalilah@gmail.comB52216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofah, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: pemberdayaan masyarakat; dakwah Islam; konservasi pesisir; dan Participatory Action Research.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nurhalilah Nasaruddin
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:58
Last Modified: 04 Sep 2020 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43582

Actions (login required)

View Item View Item