Pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah dalam payment environmental service (PES) di Dusun Gambuhan Tengah Desa Gambuhan Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Lisa Marfuatul (2020) Pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah dalam payment environmental service (PES) di Dusun Gambuhan Tengah Desa Gambuhan Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lisa Marfuatul Khoiriyah_B02216028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlokasi di Dusun Gambuhan Tengah, Desa Gambuhan, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan dalam penelitian ini membahas tentang pengorganisiran sampah yang disebabkan belum adanya pengorganisiran dan pengelolaan sampah yang disebabkan oleh 3 (tiga) hal. Pertama, Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah. Kedua, belum adanya kelompok yang peduli terhadap pengelolaan sampah. Ketiga, Belum adanya kebijakan untuk mengelolah sampah. Tiga tersebut menjadi kajian yang tertuang dalam rumusan masalah yaitu, Bagaimana prespektif masyarakat tentang belum adanya pengelolaan sampah masyarakat yang memadai? Bagaimana strategi menyiapkan komuitas pengelolaan sampah di Dusun Gambuhan Tengah? Bagaimana hasil proses pendampingan yang telah dilakukan untuk masalah tersebut.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode PAR (Participatory Action Research) sedangkan pengumpulan data yang digunakan ialah teknik PRA (Participatory Rular Apraisal). Metode dan teknik tersebut digunakan dalam proses-proses pengorganisasian yang mengharuskan keterlibatan masyarakat aktif dalam masyarakat sebagai subyek penelitian. Tujuannya agar memunculkan agen of change di suatu kelompok masyarakat yang menjadi pelopor perubahan untuk kearah yang lebih baik. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pertama, kondisi lingkungan Dusun Gambuhan Tengah sangat jauh dari kata sehat dengan indikator fisik terdapat tumpukan sampah di tepi sungai dan bawah jembatan, terdapat pembakaran sampah di permukiman masyarakat. Indikator pemahaman masyarakat yang ditemukan bahwa masyarakat masih belum mengetahui dampak dari pembuangan sampah di tepi sungai dan pembakaran sampah di dekat permukiman warga. Kedua, dari proses pengorganisasian masyarakat yang dilakukan menghasilkan: (1) Terbentuknya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah, (2) Terbentuknya kelompok pengelolaan sampah (3) Munculnya kebijakan pengelolaan sampah. Hasil riset aksi trsebut hanyalah langkah kecil untuk membuat perubahan yang lebih baik. Semua proses dalam penelitian ini dirasa masih jauh dari kata sempurna dalam mengungkap teori, metode, dan teknik yang digunakan. Oleh karena iu peneliti sangat membutuhan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca skripsi ini. Kata kunci: Pengorganisasian Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Lisa Marfuatullisamarfuatul@gmail.comB02216028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofah, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Pengorganisasian Masyarakat; Pemberdayaan Masyarakat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lisa Marfuatul Khoiriyah
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:15
Last Modified: 04 Sep 2020 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43583

Actions (login required)

View Item View Item