Pengorganisasian untuk menciptakan komunitas tangguh bencana dalam menghadapi bencana kekeringan di Dusun Sandan Desa Gunung Eleh Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdansih, Eva Ainul Lutfia (2020) Pengorganisasian untuk menciptakan komunitas tangguh bencana dalam menghadapi bencana kekeringan di Dusun Sandan Desa Gunung Eleh Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Ainul Lutfia Firdansih_B02216014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang permasalahan bencana kekeringan yang setiap tahun melanda Dusun sandan. Masalah yang dihadapi masyarakat Dusun sandan ini membuat mereka resah dan belum ada jalan keluarnya., strategi pengorganisasian yang telah dilakukan dan hasil capaiannya. Tujuan dari penelitian ini mengetahui situasi dan keadaan masyarakat yeng kekurangan air, menemukan strategi pengorganisasian komunitas, dan megetahui relevansi antara pengorganisasian masyarakat dengan dakwah pengembangan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam proses lapangan adalah PAR (Parsipatory Action Research). Langkah pertama yang dilakukan adalah membangun kepercayaan masyarakat, langkah kedua menentukan strategi bersama masyarakat, langkah ketiga membangun kesepakatan bersama masyarakat sampai terwujudnya perencanaan aksi, evaluasi dan refleksi. Strategi pengorganisasian yang ditemukan peneliti bersama komunitas adalah (1) Melakukan edukasi bersama masyarakat tentang pentingnya merawat dan menjaga sumber air (2) membentuk komunitas tangguh bencana untuk melakukan konservasi air tanah (5) Advokasi kepada pemerintah desa untuk memunculkan peraturan baru dari draf usulan yang telah dibuat peneliti bersama masyarakat. Dengan adanya komunitas tangguh bencana yang sudah terbentuk maka peneliti berharap mereka akan menjadi pelopor untuk merawat dan melestarkan sumber air yang ada di Dusun Sandan untuk keberlangsungan hidup di masa depan dan ketersediaan kebutuhan air untuk regenerasi yang akan datang sebagai rasa tanggung jawab bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdansih, Eva Ainul LutfiaFirdansiheva@gmail.comB02216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bencana alam
Pemberdayaan
Keywords: Pengorganisasian; Komunitas tangguh bencana; Kekeringan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Eva Ainul Lutfia Firdansih
Date Deposited: 04 Sep 2020 11:37
Last Modified: 04 Sep 2020 11:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43591

Actions (login required)

View Item View Item