Peningkatan kemampuan kognitif mengenal warna melalui media loker kartu warna pada kelompok Playgroup (PG) di Paud Pondok Nirwana Perum Kahuripan Nirwana Village Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choirooti, Nunjil (2020) Peningkatan kemampuan kognitif mengenal warna melalui media loker kartu warna pada kelompok Playgroup (PG) di Paud Pondok Nirwana Perum Kahuripan Nirwana Village Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nunjil Choirooti_D98214057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal warna pada anak kelompok Playgroup (PG) Di Paud Pondok Nirwana Kahuripan Sidoarjo, kemampuan mengenal warna dalam hal ini kemampuan anak menyebutkan warna dan menyebutkan benda sesuai warna merah, kuning, hijau dan biru. Anak yang dikatakan tuntas alam kemampuan kognitif mengenal warna pada pra siklus hanya 30% dengan nilai rata-rata yakni 45,6 yakni 3 dari 10 anak saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media loker kartu warna dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna anak kelompok Playgroup (PG) Di Paud Pondok Nirwana Kahuripan Sidoarjo dan mengetahui peningkatan kemampuan mengenal warna anak kelompok Playgroup (PG) Di Paud Pondok Nirwana Kahuripan Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari tahap pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I, II dan siklus III terdapat 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Satu siklus dilaksanakan selama 2 hari dengan subjek seluruh kelompok Playgroup (PG) Di Paud Pondok Nirwana Kahuripan Sidoarjo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, penilaian dan dokumentasi bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kognitif mengenal warna. Hasil penelitian implementasi media loker kartu warna dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada kelompok Playgroup (PG) Di Paud Pondok Nirwana Kahuripan Sidoarjo. Pada media tersebut selain dapat mengenal warna juga memberikan ketertarikan siswa dalam belajar dan dapat mengenal benda-benda konkret. Adanya peningkatan kemampuan mengenal warna dengan media loker kartu warna pada prasiklus siswa yang tuntas 3 anak, dengan nilai rata-rata 45,6 dan prosentase 30%, pada siklus I meningkat 4 anak dengan nilai rata-rata 55,55 dan prosentase 40%, siklus II meningkat 5 anak dengan nilai rata- rata 72 dan prosentase 50% dan siklus III meningkat 8 anak dengan nilai rata-rata 82,25 dan prosentase 80%, hal itu dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan media loker kartu warna sangat signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choirooti, Nunjilnunzilliznun@gmail.comD98214057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Anak
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kemampuan Kognitif; Mengenal Warna; Loker Kartu Warna
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: NUNJIL CHOIROOTI NUNJIL
Date Deposited: 04 Sep 2020 11:57
Last Modified: 04 Sep 2020 11:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43592

Actions (login required)

View Item View Item