Evaluasi daerah ketahanan pangan Provinsi Jawa Timur menggunakan metode fuzzy c-means (fcm) dan technique for order preference by similarity to ideal solution (topsis)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Ghina Salsabila (2020) Evaluasi daerah ketahanan pangan Provinsi Jawa Timur menggunakan metode fuzzy c-means (fcm) dan technique for order preference by similarity to ideal solution (topsis). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ghina Salsabila Firdaus_H72216052.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan salah satu fokus utama pada hal pembangunan. Pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas tak lepas dari peran pangan sebagai asupan gizi yang akan mempengaruhi kinerja manusia serta berpengaruh pada kesehatan. Namun seiring dengan bertambahnya waktu, jumlah penduduk semakin bertambah sehingga kebutuhan pangan pun semakin meningkat. Kemampuan suatu daerah pasti berbeda dengan daerah lainnya, sehingga kondisi pangan antar wilayah satu dengan lainnya berbeda. Dengan adanya permasalahan ini, pemerataan pangan perlu dilakukan agar suatu daerah tidak tertinggal dengan daerah lainnya. Dalam penelitian ini dilakukan evaluasi daerah ketahanan pangan di Provinsi Jawa Timur menggunakan IKP (Indeks Ketahanan Pangan) yang telah disusun oleh Badan Ketahanan Pangan dengan menggunakan metode Fuzzy C-Means dan TOPSIS. Dengan menggunakan FCM dipilih cluster terbaik yaitu 3 cluster untuk seluruh kriteria kecuali aspek pemanfaatan pangan pada variabel kota digunakan 5 cluster. Proses TOPSIS digunakan untuk perankingan cluster, anggota cluster dan perankingan keseluruhan untuk mengetahui tingkat ketahanan pangan wilayah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Hasil yang didapatkan yaitu kabupaten Magetan dan kota Madiun merupakan wilayah yang memiliki ketahanan pangan tertinggi. Sedangkan wilayah dengan ketahanan pangan terendah adalah kabupaten Probolinggo dan kota Kediri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Ghina Salsabilaghisalsa06@gmail.comH72216052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Ghina Salsabila Firdaus
Date Deposited: 05 Sep 2020 02:40
Last Modified: 05 Sep 2020 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43606

Actions (login required)

View Item View Item