Analisis kontribusi pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Jawa Timur tahun 2013-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islami, Debby (2020) Analisis kontribusi pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Jawa Timur tahun 2013-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Debby Islami_G01216007.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan wawancara dilakukan dengan informan Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan BAPENDA, Staff BAPENDA, Kepala Sub Bidang Anggaran I BPKAD, dan Staff Bidang Pendataan dan Penagihan UPT PPD Surabaya Timur. Hasil penelitian menjelaskan bahwa wujud nyata dari pemenuhan hak untuk setiap daerah dalam melaksanakan kegiatan otonomi daerah adalah dengan melakukan penggalian sumber dana Pendapatan Asli Daerah, sehingga daerah dianggap mampu untuk mengelola dan mengalokasikannya. Dana Pendapatan Asli Daerah diperoleh dari pemungutan pajak yang merupakan iuran wajib yang harus dibayarkan setiap warga negara yang bersifat memaksa, seperti Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Kontribusi dari sektor pajak daerah sangat memengaruhi kondisi keuangan pemerintah daerah, khususnya dalam Pendapatan Asli Daerah. Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor memiliki kontribusi yang baik dan potensial dalam menopang Pendapatan Asli Daerah. Pemerintah daerah diharapkan mampu untuk memaksimalkan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dengan memberikan fasilitas dan pelayanan yang memudahkan wajib pajak untuk membayar pajaknya serta keseriusan pemerintah daerah dalam melakukan pemungutan pajak, sehingga penerimaan pajak dari keduanya bisa lebih maksimal dan semakin berkontribusi dalam penerimaan Pendapatan Asli Daerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islami, Debbyislamidebbysj@gmail.comG01216007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Pajak dan Perpajakan
Keywords: Pendapatan Asli Daerah; Pajak Kendaraan Bermotor; Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Debby Islami
Date Deposited: 08 Sep 2020 10:24
Last Modified: 08 Sep 2020 10:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43623

Actions (login required)

View Item View Item