Efektivitas penerapan program pembiasaan shalat lima waktu dalam pengamalan siswa MTS Al Falah Gajah Baureno Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husnan, Shofia Arine Nur (2020) Efektivitas penerapan program pembiasaan shalat lima waktu dalam pengamalan siswa MTS Al Falah Gajah Baureno Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofia Arine Nur Husnan_D01213049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Madrasah tsanawiyah adalah sekolah persamaan dari SMP, di mana sekolah madrasah identik banyak mata pelajaran agama. dalam dunia pendidikan anak usia tingkat smp/tsanawiyah yaitu sekitar umur 12-19tahun gencar-gencarnya anak untuk menuntut ilmu, pendidikan untuk anak sangat penting, penting juga pendidikan agama untuk dasar anak dalam belajar, adanya pendidikan agama yang lebih dalam sekolah, anak diajarkan akhlaq, tata krama, sholat, dan punya rasa nasionalis dan agamis. Akhlaq sangat perlu untuk anak, setelah akhlaq ada tata krama, setelah tata krama ada sholat, dimana sholat adalah tiang agama bagi ummat islam, ada hadits yang mengatakan sholat adalah tiang agama, sholat sngat penting, untuk pembelajaran anak untuk disiplin, disiplin waktu dan sebuah tanggung jawab, tanggung jawab salah satu hal yang paling pentik untuk belajar bersosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis statistik korelasional, yaitu sebuah penelitian yang bertujuan untuk menemukan ada atau tidaknya suatu hubungan antara sebuah variabel satu dengan yang lain. Terbukti dari hasil analisis yang menyatakan bahwa prosentase hasil angket tentang Implementasi Program Pembiasaan siswa Mts Al-Falah Gajah sebanyak 40,0% adalah tergolong kurang baik. Pengaruh Implementasi Program Pembiasaan dalam shalat lima waktu terhadap Pengamalan siswa MTs Al-Falah Gajah adalah cukup. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari hasil nilai siswa. Dari hasil pre test memperoleh nilai rata-rata 70,8, dan hasil post test memperoleh nilai rata-rata 94,6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Implementasi Program Pembiasaan tergolong sangat baik. Pengaruh Impementasi Program Pembiasaan dalam Shalat Lima Waktu terhadap Pengamalan siswa MTs Al-Falah Gajah dapat dikatakan baik. Hal ini terbukti diterimanya Hipotesis Kerja (Ha) dan ditolak (Ho) dengan nilai rxy sebesar 0,50. Sedangkan untuk tingkat Penerapan Program Pembiasaan dalam Shalat Lima Waktu siswa Mts Al-Falah Gajah dapat dikatakan mempunyai korelasi yang cukup atau sedang, karena nilai rxy berada diantara 0,40-0,70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husnan, Shofia Arine Nurshofiaarin@gmail.comD01213049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Salat > Salat, Rukun
Salat
Keywords: Pembiasaan dan pengamalan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shofia Arine Nur Husnan
Date Deposited: 12 Sep 2020 09:57
Last Modified: 12 Sep 2020 09:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43624

Actions (login required)

View Item View Item