Pengabdian Khadijah binti Khuwailid kepada Nabi saat turunnya Wahyu Pertama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Paskua, Herlina (2020) Pengabdian Khadijah binti Khuwailid kepada Nabi saat turunnya Wahyu Pertama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Herlina Paskua_A92216124.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sosiologi. Pendekatan historis digunakan untuk menjelaskan riwayat hidup Khadijah binti Khuwailid bersama Nabi Muhammad Saw. Sedangkan, pendekatan sosiologi digunakan untuk menjelaskan pengabdian Khadijah binti Khuwailid dalam perjuangan dakwah Nabi. Adapun teori yang digunakan adalah teori peran oleh Sarjono Sukamto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan menempuh beberapa tahapan, yakni: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Khadijah binti Khuwailid adalah istri Rasulullah yang nasabnya paling dekat dengan nabi. nasabnya bertemu pada kakeknya yakni Qushai bin Kilab. Sebelum menikah dengan nabi Khadijah menikah dengan dua laki-laki. Setelah suaminya meninggal Khadijah berkonsentrasi untuk berdagang. Kemudian ia menikah dengan Muhammad. Selama pernikahannya, Khadijah berperan sebagai istri dan seorang ibu yang baik bagi nabi. 2) Respon Khadijah saat Nabi menerima wahyu yakni, Khadijah meneguhkan dan menentramkan hati Nabi yang kala itu ketakutan karena turunnya ayat al-Qur’an pertama kali. Khadijah senantiasa beriman dan membenarkan apa yang diturunkan kepada Nabi serta menaati perintahnya. 3) Pengabdian Khadijah binti Khuwailid pasca Nabi menerima wahyu pertama yakni Khadijah turut berperan serta dalam pelaksanaan dakwah Nabi baik dalam dakwah sembunyi-sembunyi maupun dalam dakwah terang-terangan hingga di akhir hayatnya ia senantiasa mendampingi nabi hingga meringankan beban penderitaan Nabi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Paskua, HerlinaHerlinapaskua12@gmail.comA92216124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Subjects: Nabi Muhammad
Sejarah Peradaban Islam
Wanita dalam Islam
Keywords: Wahyu Pertama; kesetian Khadijah; Pengabdian Siti Khadijah saat Wahyu pertama.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Herlina Paskua
Date Deposited: 05 Sep 2020 04:57
Last Modified: 05 Sep 2020 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43629

Actions (login required)

View Item View Item