Gus Dur dan Humor tentang Madura dalam Analisis Hermeneutika Paul Ricoeur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Deny Marcelino (2020) Gus Dur dan Humor tentang Madura dalam Analisis Hermeneutika Paul Ricoeur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Deny Marcelino Putra_E21216091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini humor Gus Dur tentang Madura dibagi menjadi 3 tema yaitu tema politik, sosial dan agama. Humor Madura Gus Dur merupakan sesuatu wacana yang tidak netral, dimana selalu ada maksud dan niat dibalik humor tersebut. Apalagi ketika mendengar kata ‘Madura’, secara umum yang terbayang di benak orang-orang yang bukan dari Madura identik dengan kata carok. padahal di Madura tidak hanya carok tapi banyak hal yang dipelajari atau dipetik sebagai pembelajaran seperti adanya budaya karapan sapi, upacara sandhur patel, dan tarian topeng gethak yang dulunya bernama tari klonoan. Tetapi banyak orang-orang terjebak dengan budaya carok ini yang dianggap memiliki perilaku yang keras dan kasar, perlu diketahui juga bahwa masyarakat di Madura terkenal dengan religius dan fanatik agama hingga pada cerita humornya. Dengan adanya humor Gus Dur tentang Madura, masyarakat luas jadi mengetahui bahwa di Madura terdapat banyak hal lucu / menarik yang dapat untuk dipelajari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa humor yang dilakukan oleh Gus Dur tersebut menggambarkan atau membentuk akan sebuah image (stereotip) dan juga berdasarkan konteks lingkungan yang terjadi di kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini menggunakan analisis hermeneutika Paul Ricoeur. Teori ini menjadi 3 bagian yaitu: analisis struktur teks, analisis dunia rujukan teks dan analisis apropriasi. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu kajian kepustakaan. Sumber data diperoleh dari buku dan portal website keislaman antara lain alif.id, islami.co, NU Online dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Deny Marcelinodenymarcelino24@gmail.comE21216091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdi, Ahmad Zainulahmadinung@gmail.com2018057203
Subjects: Filsafat
Keywords: Humor; Madura; Hermeneutika Paul Ricoeur.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Deny Marcelino Putra
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:15
Last Modified: 12 Nov 2020 06:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43643

Actions (login required)

View Item View Item