K.H. Abul Fadhol (1917 M - 1989 M) Kiai Kharismatik dari Pondok Pesantren Darul Ulum Senori Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Najihah Kamilatul (2020) K.H. Abul Fadhol (1917 M - 1989 M) Kiai Kharismatik dari Pondok Pesantren Darul Ulum Senori Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Najihah Kamilatul Ula_A02216035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “K.H. Abul Fadhol (1917 M – 1989 M) Kyai Kharismatik dari Pondok Pesantren Darul Ulum Senori Tuban”. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana biografi K.H. Abul Fadhol, (2) Bagaimana peran K.H. Abul Fadhol dalam kehidupan pondok pesantren dan masyarakat, (3) Bagaimana pemikiran K.H. Abul Fadhol dalam kitab Kashfu al-Tabarih fi Salat al-Tarawih. Penulisan skripsi ini menggunakan metode sejarah yang mana pada metode ini terdiri dari: 1). Heuristik (pengumpulan data), 2) Verifikasi (kritik sumber), 3) Interpretasi (penafsiran sumber), 4) Historiografi (penulisan sejarah). Pada skripsi ini menggunakan pendekatn historis deskriptif yang mana pendekatan ini digunakan untuk mengungkapkan peristiwa-peristiwa pada masa lampau. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori peran Biddle dan Thomas. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) K.H. Abul Fadhol lahir di Sedan, Rembang pada tahun 1917 M. Beliau lahir dari pasangan K.H. Abdus Syakur dan Nyai Sumiah binti Ibrahim. Beliau menikah dengan Nyai Syariati dan dikarunia tujuh orang anak. Dan beliau pernah belajar di pondok pesantren Tebuireng Jombang di K.H. Hasyim Asy’ari. (2) beliau sangat berperan dalam pondok pesantren dan masyarakat, hal itu dapat dilihat dari pondok pesantren yang sangat berkembang hingga sekarang dan dalam bidang kemasyarakatan beliau sangat berperan dalam NU. (3) latar belakang pemikiran KH. Abul Fadhol yang tertulis dalam kitab Kasyfu al-Tabarih fi Bayani Kitab al-Tarawih yang mana ialah terdapat polemik antar umat islam yang tak kunjung padam oleh karena itu beliau menulis kitab yang membahas tentang tuntunan dalam menjalankan sholat tarawih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Najihah Kamilatulnajihahkamilatulula17@gmail.comA02216035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@hotmail.com2020017503
Subjects: Agama
Ahlusunnah Waljama'ah
Agama > Biografi Tokoh
Keywords: KH. Abul Fadhol; Peran; Pemikiran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Najihah kamilatul Ula
Date Deposited: 06 Sep 2020 08:50
Last Modified: 06 Sep 2020 08:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43672

Actions (login required)

View Item View Item