Strategi gastrodiplomasi Indonesia di Perancis tahun 2018 - 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Khusairi (2020) Strategi gastrodiplomasi Indonesia di Perancis tahun 2018 - 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusairi Ramadhan_I72216066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam rangka mempromosikan kuliner, budaya, dan pariwisata Indonesia maka dari itu Kementerian Pariwisata Indonesia kemudian membuat sebuah program gastrodiplomasi yaitu Co-Branding Diaspora Restaurant Indonesia pada tahun 2018. Setelah 4 bulan porgram tersebut berjalan, salah satu restoran diaspora di Perancis yaitu restoran Djakarta Bali menunjukkan keberhasilan sehingga menjadi sorotan utama pemerintah Indonesia. Program ini mengalami keberhasilan dengan banyak mendatangkan pengunjung lokal, mendapatkan ulasan positif dari warga Perancis, dan mendapatkan nominasi sebagai restoran terbaik di Paris oleh salah satu situs. Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan bagaimana strategi gastrodiplomasi yang dilakukan Indonesia hingga bisa mencapai keberhasilan di Perancis. Untuk memahami fenomena ini, penulis menggunakan konsep gastrodiplomasi serta memakai metode kualitatif-deskriptif. Penggalian data juga dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui keberhasilan strategi gastrodiplomasi yang dilakukan di Prancis pada tahun 2018 – 2019. Hasil temuan penulis adalah terdapat dua strategi yang diterapkan, yaitu Product Marketing Strategy dan Media Relations Strategy. Penerapan kedua strategy tersebut didukung oleh beberapa faktor yaitu kebiasaan orang Perancis yang selektif dalam memilih tempat makan dan suka menghabiskan waktu di tempat makan. Semua strategi tersebut juga bisa tercapai dengan adanya koordinasi aktor negara dan non negara yang berkontribusi banyak dalam keberhasilan gastrodiplomasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Khusairikhusairiramadhan@gmail.comI72216066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurika, Rizki Rahmadini-199003252018012001
Subjects: Politik Internasional
Keywords: Gastrodiplomasi; Strategi; Co-Branding; Kuliner Indonesia.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Khusairi Ramadhan
Date Deposited: 07 Sep 2020 23:12
Last Modified: 07 Sep 2020 23:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43694

Actions (login required)

View Item View Item