Presentasi Diri (Self-Presentation) remaja Tunanetra penghafal Al-Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andini, Yasinta Rufi (2020) Presentasi Diri (Self-Presentation) remaja Tunanetra penghafal Al-Quran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Alifatus Sa'diyah_J01216040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Selama menjalin sebuah ikatan sosial, seseorang berusaha mempresentasikan siapa dirinya kepada orang lain. Presentasi diri dilakukan agar individu dapat diterima sesuai dengan target yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran presentasi diri remaja tunanetra beserta faktor yang mempengaruhi presentasi diri mereka. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sedangkan, teknik yang digunakan untuk menggali data ialah wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan tiga orang sebagai informan utama. Ketiga subjek diketahui mengalami ketunaan semenjak mereka lahir. Ketiga informan memiliki presentasi diri yang bervariatif. Aspek presentasi diri (front region) tergambar melalui aktivitas yang dilakukan informan dalam kehidupan sehari-harinya. Tidak hanya itu, hasil penelitian juga menunjukkan bagian belakang (back region) informan yang membantu mengungkap faktor-faktor yang memengaruhi presentasi diri melalui pernyataan informan. Faktor dukungan dan dorongan dari keluarga merupakan salah satu faktor berpengaruh dari ketiga informan utama dapat menampilkan image dirinya seperti saat ini. Dukungan dan dorongan ini membentuk presentasi diri informan secara positif. Sehingga hal ini menjadi dasar ketiga subjek mempresentasikan citra mereka dikehidupan sosialnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andini, Yasinta RufiYasyasinta51@gmail.comJ71216139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotimah, S. Khorriyatulkhotim_psi@yahoo.com2016117701
Subjects: Psikologi
Keywords: Presentasi diri; remaja; tunanetra.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Yasinta Rufi Andini
Date Deposited: 08 Sep 2020 22:58
Last Modified: 08 Sep 2020 22:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43716

Actions (login required)

View Item View Item